Kebakaran Gunung Lawu Sudah Padam, 44 Pendaki Masih Terjebak di Puncak

(Foto : )

Kebakaran hutan di Gunung Lawu sudah dinyatakan padam. Namun ternyata masih ada 44 pendaki yang terjebak di puncak Gunung Lawu, Rabu (12/9). Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, mereka yang terjebak di puncak adalah bagian dari 200 pendaki yang masuk melalui dua jalur.

Kedua jalur itu adalah Cemoro Sewu di Magetan Jawa Timur dan Cemoro Kandang di Karanganyar Jawa Tengah. Tercatat, ada 31 orang mendaki lewat jalur Cemoro Sewu. Mereka berasal dari Ngawi 3 orang, Boyolali 3 orang, Rembang 17 orang, Sidoarjo 6 orang dan Surabaya 2 orang.

Sedangkan yang mendaki lewat jalur Cemoro Kandang ada 13 orang. Mereka berasal dari Wates 4 orang, Jakarta dan Solo 5 orang, serta Surabaya 4 orang. Hingga kini, jalur pendakian Cemoro Kandang, Candi Cetho, Karanganyar dan Cemoro Sewu, Plaosan masih ditutup sementara oleh Perhutani setempat.

Sementara petugas gabungan BPBD, Basarnas, TNI, Polri, serta relawan masih berada di posko SAR jalur pendakian Cemoro Sewu untuk memantau keadaan. Sejauh ini, titik api kebakaran hutan di wilayah petak 41 masuk Jogorogo, Ngawi, Jatim sudah padam. 

Titik api di posko 5 yang mendekati jalur pendakian melalui Candi Cetho juga sudah padam.

Laporan oleh Mochammad Ridwan dari Jawa Timur.