Dampak Abu Vulkanik Warga Kesulitan Pakan Ternak

Tanaman Warga Abu Vulkanik
Tanaman Warga Abu Vulkanik (Foto : )

www.antvklik.com Meletusnya Gunung Merapi yang terjadi pada Jumat Siang dan Jumat Malam kemarin (1/6/2018), membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terguyur hujan abu vulkanik Merapi.

Tak hanya mengguyur di permukiman penduduk, hujan abu vulkanik Merapi, juga melanda lahan pertanian milik warga. Akibat kejadian tersebut, membuat warga kini kesulitan untuk mencari pakan ternaknya lantaran banyak tumbuhan terken abu vulkanik.

Sementara itu, agar bisa digunakan sebagai pakan ternak tersebut, warga terpaksa harus menunggu air hujan agar abu vulkanik yang melekat direrumputan bisa kembali bersih. Pasca letusan Gunung Merapi ini, warga berharap pemerintah memberikan bantuan berupa masker di seluruh desa yang terdampak abu vulkanik Merapi.

Menurut salah satu warga Desa Banyuroto, sejumlah desa yang terdampak abu vulkanik di kecamatan sawangan terdapat lima desa diantaranya Desa banyuroto, Desa Wonolelo, Desa Sanden, Desa Wirosoko, Desa Denokan dan sejumlah desa tetangga lainnya.

(Laporan Eddy Suryana dari Sleman, Jawa Tengah)