Cuaca Ekstrem, Belasan Kapal Nelayan Terombang-Ambing Di Laut

nelayan
nelayan (Foto : )

Dalam sepekan terakhir cuaca buruk terus terjadi di Perairan Utara Jawa, akibatnya belasan kapal nelayan terombang-ambing di tengah laut, di Probolinggo, Jawa Timur. Untuk menghindari jatuhnya korban jiwa, pihak Kesyabandaran atau KSOP menghimbau agar aktfitas melaut ditunda hingga cuaca normal.

Belasan kapal antar pulau itupun  harus berjibaku melawan gelombang tinggi saat hendak berlayar, di perairan Utara Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, Jawa Timur. Ketinggian ombak besar yang mencapai 2-3 meter ini, sangatlah berbahaya bagi aktifitas nelayan. Karena selain rawan terjadinya kecelakaan laut, bisa membuat kapal pecah juga jatuhnya korban jiwa. Sementara itu, untuk menghindari jatuhnya korban jiwa, ratusan kapal terpaksa disandarkan di Dermaga Tanjung Tembaga setempat. Sementara itu, sambil menunggu cuaca normal, mereka melakukan aktifitas perbaikan kapal maupun jaring untuk mengisi waktu luang.

Bahkan, pihak otoritas perhubungan laut menghimbau kepada nelayan agar tidak melaut sementara, karena cuaca ekstrem masih terus mengancam. Peraturan ini dibuat agar menghindari terjadinya kapal yang hilang diterjang ombak besar susulan kembali terjadi, karena dalam 2 pekan sebelumnya terdapat 2 nelayan tewas tenggelam di tengah laut, di perairan Utara Pulau Gili setempat. Demikian laporan Muhammad Syahwan dari Probolinggo, Jawa Timur