Mengintip Command Center Palembang, Sistem Keamanan Terpadu Asian Games

Command Center Palembang, Sistem Keamanan Asian Games
Command Center Palembang, Sistem Keamanan Asian Games (Foto : )

www.antvklik.com - Pusat komando atau Command Center Palembang adalah salah satu bukti nyata polisi memanfaatkan teknologi terkini. Polsi juga menggunakan pusat komando ini sebagai sistem keamanan terpadu Asian Games 2018. Command Center Palembang sudah didirikan sejak 5 tahun lalu guna memaksimalkan sistem keamanan Palembang.

Namun dengan perhelatan Asian Games 2018, keberadaan Command Center Palembang juga untuk membantu pengamanan seputar venue di Komplek Jakabaring. Pusat komando ini bertumpu pada ratusan kamera pemantau atau CCTV yang tersebar di seluruh penjuru kota. Khusus untuk penyelenggaraan Asian Games 2018, sudah terpasang lebih dari  50 CCTV di berbagai venue. Dengan keberadaan CCTV di berbagai titik, polisi dapat mendeteksi potensi gangguan keamanan sedini mungkin lewat layar monitor. Sistem yang digunakan pusat komando ini memungkinan polisi melakukan identifikasi wajah (face recognition), nomor polisi kendaraan, hingga perilaku orang di keramaian. 

Kegiatan di Command Center PalembangAda tiga jenis CCTV yang terpasang di penjuru kota dan terhubung langsung dengan pusat komando. Yang pertama adalah PTZ. CCTV  jenis ini memungkinkan polisi mendapat pemandangan 360 derajat. Yang kedua adalah CCTV jenis fix bullet. CCTV jenis ini hanya memberikan pemandangan ke satu titik saja. Serta yang terakhir adalah CCTV jenis dome, yang bisa memberikan pemandangan ke kanan dan kiri. Dengan adanya Command Center Palembang, pengamanan Asian Games 2018 akan lebih mudah dan terpadu. Keberadaan pusat komando ini juga terbukti berhasil menurukan tingkat kriminalitas di Palembang. Liputan: Erlang Purbaya dan Wisnu Nugraha