Candra Wijaya Optimis Bulutangkis Indonesia Raih 2 Emas di Asian Games

candra-wijaya
candra-wijaya (Foto : )

antvklik – Mantan atlet Bulutangkis Indonesia, Candra Wijaya mengungkapkan peluang Indonesia di Asian Games 2018 nanti. Menurut Candra, Indonesia mampu meraih dua emas, seperti yang ditargetkan oleh pemerintah. "Memang sedikit penekananya pada intelektual ataupun mental dan karakter mental juara. Ini perlu ditekankan ke junior kita ke depan. Ini bukan mengkritik tapi kita lihat anak-anak sekarang perlu punya mental yang lebih kuat," ujar Candra kepada Badminton Indonesia.

"Mudah-mudahan ini tugas utama kita untuk militan kepada anak-anak. Meski tidak mudah, tapi mereka harus punya mental juara dan bisa keras terhadap diri sendiri supaya punya mental kuat," tambah Candra. Di sisi lain, Candra optimistis target dua medali emas yang dibebankan pemerintah untuk bulutangkis Indonesia di Asian Games 2018 bisa tercapai. Raihan itu juga disebut realistis dengan kondisi dan prestasi bulutangkis Indonesia saat ini.

Keberadaan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo diharapkan dapat menjadi keuntungan bagi tim bulutangkis Indonesia.  Selain menumpukan harapan pada sektor ganda, Candra juga menantang pemain tunggal Indonesia baik putra maupun putri untuk menjadi juara Asian Games 2018 "Harusnya ini (Asian Games 2018) kita challange pemain tunggal kita untuk tunjukan kamu juga bisa juara. Kita akan desak mereka terus supaya mereka berani bilang mereka bisa juara," harapnya. Sejalan dengan Chandra Wijaya, Kementrian Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi juga yakin bahwa Bulutangkis bisa menyumbang Emas pada Asian Games nanti.  

"Kami yakin bulutangkis mampu menyumbangkan medali emas, agar Indonesia meraih 10 besar Asian games," kata Menpora. Imam menambahkan, untuk memenuhi ambisi itu, Indonesia harus mampu minimal meraih 16 emas. Namun jika melihat prestasi bulutangkis Indonesia di ajang sebelumnya, memang banyak peluang yang bisa dimenangkan oleh para atlet unggulan. Terlepas dari gagalnya Indonesia di piala Thomas dan Uber 2018, peluang untuk meraih emas masih terbuka lebar.  Selain pasangan Minion, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, ganda campuran Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir pun disebut-sebut bakal mampu meraih emas di Asian games nanti.