BPOM Temukan Makanan Takjil Berformalin

Waduh, BPOM Temukan Makanan Takjil Berformalin
Waduh, BPOM Temukan Makanan Takjil Berformalin (Foto : )
www.antvklik.com
- Selama bulan ramadan ini, Balai DKI melakukan intensifikasi pengawasan pangan dengan memperbanyak volume pengawasan menambah tenaga pengawas memperluas spektrum. Dalam pengawasan bulan ramadan ini juga menambah satu program pengawasan takjil mennggunakan mobil laboratorium dihampir seluruh kota administrasi dijakarta.
Sukriadi Darma, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Jakarta mengatakan bahwa memang ada beberapa yang kita melakukan pengawasan bukan takjil yang mengandung bahan berbahaya misalnya di Kelapa Gading, pusat takjil kelapa gading kita menemukan makanan takjil berformalin berupa tahu, di Benhill Jakarta pusat es yang mengandung rodamin. Kemudian di jalan Sabang, Jakarta Pusat kami menemukan mie yang berformalin. Di Senen kami menemukan produk yang mengandung formalin.
"Tapi alhamdulillah di Jakarta selatan dipusat takjilnya belum menemukan. Di Jakarta barat di jalan panjang kita juga belum menemukan padahal sampel yang kita uji cukup banyak ada 35 sampel."
Pengawasan dilakukan ke sarana importir, distribusi,  ke toko toko swalayan supermarket sampai ke pasar tradisional.
Sukriadi juga menyampaikan bahwa sampai saat ini belum menemukan temuan yang signifikan terkait pangan impor  yang tanpa ijin edar atau pangan rusak atau yang expired begitu juga parcel yang mengandung bahan- bahan atau barang yang sudah ada standarnya di larang misalnya; tidak boleh mengandung minuman beralkohol, tidak boleh diisi dengan masa expirednya pendek karena  parcel itu tidak langsung dikonsumsi,  disimpan bahkan pada periode tertentu baru dibuka.  Pengawasan  dilakukan beserta dengan stakeholder dki jakarta. Pengawasan ini lakukan terus menerus  sampai idul fitri.
Sukriadi berharap kalau ada laporan dari masyarakat termasuk temen- temen media sampaikan ke balai dki , akan tindak lanjuti tidak kurang dari 1x 24 jam.
Laporan Helene Sienca dan Eko Prabowo dari Jakarta