Antisipasi Uang Palsu, Polisi Sosialisasi dan Pengecekan Jasa Tukar Uang

Kepolisian Sosialisasi dan Pengecekan Jasa Tukar Uang Sepanjang Trotoar Jalan Wilayah Mojokerto
Kepolisian Sosialisasi dan Pengecekan Jasa Tukar Uang Sepanjang Trotoar Jalan Wilayah Mojokerto (Foto : )

www.antvklik.com -  Jasa penukaran uang mulai marak di sepanjang trotoar jalan Mojokerto. Petugas kepolisian yang dipimpin oleh Kasat Sabhara Polres Mojokerto Kota, AKP Heru Purwandi melakukan sosialisasi dan pengecekan beredarnya uang palsu jelang lebaran, untuk menghindari terkait banyaknya uang palsu beredar di masyarakat, khususnya di wilayah Mojokerto.

Pasalnya, diketahui tahun 2017 lalu, jasa penukaran uang di kota Mojokerto menjadi korban uang palsu masyarakat yang hendak menukar uang. Beruntung pelaku berhasil diamankan pihak kepolisian.

Salah satu jasa penukaran uang, Bagus menuturkan, jika dirinya bersama teman-temannya datang ke Mojokerto untuk menawarkan jasanya sebagai penukaran uang baru. Uang baru yang bisa ditukar ada 3 pecahan, yakni pecahan 5 ribu, 10 ribu dan 20 ribu. Dari 100 ribunya, dijual dengan harga 115 ribu. Dan jika ada uang palsu yang ditukarkan, itu sudah menjadi resiko. Bagus dan sejumlah temannya sudah memulai aktivitasnya sejak 7 hari lalu.

Pendapatan tiap harinya tidak tentu, jika ada uang dengan model baru muncul, jasa penukaran uang banyak dicari. Dirinya memprediksikan tahun ini lebih banyak dicari masyarakat daripada tahun sebelumnya.Laporan dari Ika Nurulla, Mojokerto, Jawa Timur