Angklung dan Yamko Rambe Yamko Meriahkan Hari Merdeka di KBRI Kairo

Angklung Meriahkan Hari Merdeka di KBRI Kairo
Angklung Meriahkan Hari Merdeka di KBRI Kairo (Foto : )

Sekalipun jauh dari tanah air, peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-73 RI di Mesir tetap khidmat dan semarak, (17/8/2018). Lagu daerah asal Papua, Yamko Rambe Yamko menggema memeriahkan suasana di KBRI Kairo.

Upacara memperingati detik-detik proklamasi digelar di halaman KBRI Kairo, Kairo, pukul 08.25 waktu setempat. Upacara dipimpin Kuasa Usaha Ad Interim, Abdurrahman Sabran.

Selain staf KBRI, upacara ini diikuti guru dan siswa Sekolah Indonesia Cairo (SIC), mahasiswa dan WNI yang tinggal di Mesir.

Sementara satu peleton paskibra yang bertugas mengibarkan bendera berasal dari gabungan pelajar Indonesia yang studi di SIC dan Ma’had Al Azhar Mesir. Khusus untuk paduan suara, KBRI Kairo melibatkan puluhan pelajar dari SIC.

Selain lagu Yamko Rambe Yamko, tim paduan suara juga menyanyikan lagu daerah ‘Ampar-Ampar Pisang’ dari Kalimantan Selatan. Saat menyanyikan lagu daerah, siswa SIC juga memainkan alat musik tradisional asal Jawa Barat, angklung.

Alhasil, perpaduan bunyi angklung dengan dua lagu daerah yang dibawakan pun terdengar apik. Upacara sendiri berlangsung selama 40 menit. Usai upacara, perayaan HUT RI dilanjutkan dengan acara tasyakuran.

Dalam acara ini diisi dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang berbagai perlombaan yang digelar dalam rangka memperingati proklamasi.