Aksi Penipuan Pria Berseragam PNS Terekam Kamera CCTV

Aksi Penipuan Pria Berseragam PNS Terekam Kamera CCTV
Aksi Penipuan Pria Berseragam PNS Terekam Kamera CCTV (Foto : )

Aksi percobaan penipuan kian marak dan berani disejumlah rumah di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Salah satunya berpura-pura sebagai tamu berseragam Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mendatangi rumah milik seorang juragan tanah bernama Ahmad Maulidi, Jalan Himalaya, Kelurahan Triwung Lor, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Aksinya terekam kamera pengawas CCTV Dalam rekaman terlihat kedatangan pelaku yang berjumlah 3 orang mengendarai sepeda motor matik vario, dengan santai mendatangi rumah Ahmad Maulidi. Terlihat dua pelaku diantaranya berada di luar rumah, sedangkan satunya lagi masuk ke dalam dan ditemui oleh Ilham, anak pemilik rumah, sambil bertanya ayahnya pulang jam berapa?

Usai bertanya, pelaku meminta nomer handphone Ahmad Maulidi dan berpura–pura berbicara melalui sambungan telepon tersebut. Setelahnya Ilham diajak untuk memotret lokasi dan diminta untuk mengambil 3 barang berupa kamera DSLR, laptop dan kunci mobil minibus APV. Karena percaya, Ilham pun mengambil kamera DSLR.

Namun ketika hendak memberikan kepada pelaku, Ibunya Sri Astuti, keluar dan bertanya terkait kamera tersebut lalu melarang untuk menyerahkannya sambil menunggu kedatangan ayahnya. Karena gerak-geriknya sudah dicurigai sebelumnya oleh Sri, akhirnya pelaku berpamitan dan meninggalkan lokasi. Beruntung tak sampai mengambil harta benda seperti mobil, motor, barang elektronik dan uang tunai.

Dari rekaman kamera pengawas terlihat wajah pelaku, menurut warga, merupakan pelaku lama yang seringkali melakukan bermodus serupa yang sudah banyak korban yang tertipu olehnya. Laporan Muhammad Syahwan dari Probolinggo