Tampilkan Sisi Lain Kehidupan Santri, Film Pesantren Siap Tayang Bulan Ini!

Film Pesantren
Film Pesantren (Foto : Istimewa)

Antv – Sebuah film dokumenter berjudul Pesantren, siap tayang di Bioskop Online dalam waktu dekat ini.

Lewat film ini, penonton akan diajak menyusuri kehidupan para santri yang ada di Pondok Kebon Jambu Al - Islamy Cirebon, salah satu pesantren tradisional yang dipimpin oleh seorang perempuan tangguh, Nyai Masriyah Amva.

Bukan cuma belajar mengaji, namun lewat film dokumenter ini kita jadi lebih paham, bahwa kehidupan di pondok pesantren itu tidak kalah berwarna dari mereka yang belajar di sekolah biasa. 

Ada kegiatan seni yang jadi ajang buat para santri yang menyukai musik, kompetisi standup comedy, sampai diskusi antara guru serta murid yang kekinian. Gambaran itulah yang memang menjadi alasan sang sutradara, Shalahuddin Siregar saat membuat film ini. 

“Saya sendiri seorang Muslim, tetapi saya tidak pernah mengenyam pendidikan di pesantren. Ketidaktahuan saya sendiri dan prasangka penonton saya tentang pesantren memicu keingintahuan saya untuk mengetahui seperti apa kehidupan nyata di pesantren,” ungkap sutradara yang akrab disapa Udin ini.

“Saya ingin tahu bagaimana kehidupan para siswa, apa yang mereka pelajari di kelas mereka dan kehidupan seperti apa yang mereka impikan untuk diri mereka sendiri setelah mereka lulus. Apa yang saya temukan mengejutkan dan menginspirasi saya. Dengan film ini, saya berharap ini akan mengejutkan dan menginspirasi orang lain,” lanjutnya.