Catatan Ilham Bintang: Ikranagara, Pelantang Kesenian Itu Telah Tiada

Catatan Ilham Bintang: Ikranagara, Pelantang Kesenian Itu Telah Tiada
Catatan Ilham Bintang: Ikranagara, Pelantang Kesenian Itu Telah Tiada (Foto : Istimewa)

Antv – "Hal yang paling saya kenang dari Papa, yaitu kelembutannya. Tidak semua ayah selembut dia dengan anak lelakinya. Dia selalu mengutamakan cinta sehingga kami anak-anaknya juga selalu berusaha bisa menjadi ayah seperti dia" kata Innosanto (53) putra sulung seniman penting Indonesia H.M. Bakri Ikranagara bin H.M.Saleh Usman atau yang dikenal dengan nama populer: Ikranagara.

Sayang, Inno, begitu panggilan akrab Innosanto Nagara, tak bisa mendampingi saat sang ayah mengembuskan nafas terakhir, Senin (6/3/2023) di Bali.

Ikranagara meninggal dunia di Klinik Sadajiwa, Badung, Bali, dan dimakamkan Senin malam itu juga di pemakaman Muslim, Kampung Jawa, Denpasar, Bali.

Klinik Sadajiwa atau Sadajiwa Bali Healthy Aging Facility merupakan fasilitas kesehatan untuk lansia dengan mengadaptasi standar pelayanan kesehatan lansia dari Jepang.

Alzheimer

Inno tidak menyangka ayahnya mendadak pergi secepat itu meski sudah lama menderita sakit.

Sehari sebelumnya, Ikranagara memang sempat dibawa ke RS karena batuk-batuk akibat infeksi paru-paru. Namun, setelah ditangani dokter dan kondisinya kembali stabil, Ikranagara pun diperkenankan pulang dari RS.