Film 'Mbutik' Karya Sineas Brebes Raih 3 Penghargaan Internasional

Film Mbutik Karya Sineas Brebes Raih 3 Penghargaan Internasional
Film Mbutik Karya Sineas Brebes Raih 3 Penghargaan Internasional (Foto : Istimewa)

Antv – Film 'Mbutik' karya sinematografi dari sineas muda kelahiran Brebes , Jawa Tengah, Rizal Wimba, berhasil mendapatkan tiga penghargaan di sejumlah Festival Film bertaraf internasional sebagai drama terbaik.

Diawali dari penghargaan pertama sebagai drama terbaik atau best drama di ajang 4th Dimension Internasional Film Festival Tahun 2022 di Ubud Bali, disusul dua penghargaan lainnya didapat dari festival film di Swedia dan sebagai pemenang film feature di India.

Film bergenre drama dan memiliki durasi 90 menit itu mengangkat potret kehidupan para petani bawang merah di Brebes, yang kehidupannya kerap terjebak permainan para pengijon.

Persoalan permodalan yang dihadapi petani dimanfaatkan para pengijon yang akhirnya memaksa petani ini menjual komoditasnya dengan harga yang tidak lazim.

Kata 'mbutik' sendiri adalah sebutan bagi perempuan yang bekerja mensortir bawang merah setelah dipanen dan dijemur, atau sebelum dipasarkan.

Sutradara sekaligus penulis skenario film Mbutik, Rizal Wimba mengatakan, ia mengikutkan karyanya tersebut di beberapa festival internasional.

Ada tiga penghargaan yang sudah diraih, di Ubud Bali, Swedia dan India. Saat ini masih diikutkan di beberapa festival internasional sampai Juni 2023 mendatang.