Film Sejarah “Jenderal Soedirman” Sebagai Pembuka Tayangkan Awal Tahun 2023 di tvOne

Film Jendral Soedirman, Sabtu 28 Januari 2023
Film Jendral Soedirman, Sabtu 28 Januari 2023 (Foto : tvOne)

Antv – Membuka tahun 2023, tvOne kembali menayangkan film sejarah spesial yang berjudul Jenderal Soedirman pada Sabtu, 28 Januari 2023 pukul 21.00 WIB.

Film yang disutradarai oleh Viva Westi ini mengisahkan kiprah salah satu pahlawan nasional yakni Jenderal Soedirman serupa dengan judul filmnya.

Film Jenderal Soedirman ini dibintangi oleh Adipati Dolken sebagai Jenderal Soedirman, Ibnu Jamil sebagai Tjokropranolo, Mathias Muchus sebagai Tan Malaka, Baim Wong sebagai Soekarno, dan Nugie sebagai Mohammad Hatta.

Film Jenderal Soedirman merupakan film biopik Indonesia yang menceritakan perjuangan Jendral Soedirman dalam memimpin perang gerilya walaupun sedang menderita penyakit paru-paru.

Cerita bermula ketika Belanda menyatakan secara sepihak sudah tidak terikat dengan perjanjian Renville, sekaligus menyatakan penghentian gencatan senjata. Mendengar kabar tersebut Jenderal Soedirman yang sedang mengalami sakit berat pun nekat melakukan perjalanan ke arah selatan dan memimpin perang gerilya selama tujuh bulan lamanya.

Dari kedalaman hutan, Jenderal Soedirman menyiarkan bahwa Republik Indonesia masih ada, kokoh berdiri bersama Tentara Nasionalnya yang kuat, merancang taktik perang tak terduga untuk melumpuhkan pos penjagaan Belanda.

Dari kejadian tersebut Soedirman membuat Jawa menjadi medan perang gerilya, hingga Belanda kehabisan logistik dan waktu. Film sejarah ini diharapkan dapat menjadi pilihan tontonan yang bermanfaat khususnya bagi para generasi penerus bangsa agar mengetahui sejarah perjuangan pahlawan nasional Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan.