Disebut Mirip Song Hye Kyo, Intip 6 Potret Nita Gunawan dengan Pakaian Tradisional Tionghoa

Nita Gunawan
Nita Gunawan (Foto : Instagram @nitagunawan09)

AntvNita Gunawan baru-baru ini membuat para penggemar terpesona berkat unggahan terbarunya di media sosial Instagram dalam balutan pakaian tradisional China tepat pada momen Imlek.

Seperti diketahui, tahun baru Imlek baru saja terlewati. Momen spesial tahunan ini tidak terasa lengkap tanpa kehadiran Cheongsam dan Shanghai atau pakaian tradisional Tionghoa.

Cheongsam atau yang biasa disebut dengan Qipao dulunya merupakan pakaian perempuan Manchu dari Dinasti Qing (1644-1912). Kata Qipao sendiri berasal dari etnis Manchu yang disebut Qi oleh orang Han.

Sementara itu, selama tahun 1920 hingga 1930-an, pakaian ini disebut juga sebagai gaun mandarin dan dipopulerkan oleh perempuan kelas atas di Shanghai. Tapi seiring waktu, pakaian ini dipakai oleh semua kalangan, khususnya saat Imlek.

Pakaian tradisional China yang kemudian menjadi mode atau ikon di dunia hiburan, salah satunya sebagai properti film.

Sementara itu Shanghai merupakan pakaian khas perempuan keturunan Tionghoa. Seiring dengan perkembangan zaman, baju tradisional ini dimodifikasi mirip dengan Cheongsam. Bedanya, Shanghai memiliki kerah yang lebih tinggi.