Tayang Hari Ini di Bioskop, Berikut Sinopsis dan Review Film Autobiography

Film Autobiography
Film Autobiography (Foto : IMDb)

Antv – Setelah dinantikan cukup lama sejak tahun 2022 lalu, akhirnya film Autobiography tayang di bioskop Indonesia mulai hari ini, Kamis, 19 Januari 2023.

Sebelumnya, film garapan sutradara Makbul Mubarak ini telah memenangkan banyak penghargaan dari berbagai festival film di berbagai negara.

Film ini dibintangi oleh sederet aktor ternama mulai dari Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Rukman Rosadi, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan Alm. Gunawan Maryanto.

Ingin tahu lebih dalam tentang film Autobiography? Simak sinopsis dan reviewnya pada pembahasan berikut ini!

Sinopsis Autobiography 

img_title
Film Autobiography. (Foto: IMDb)

Film Autobiography bercerita tentang sosok Rakib (diperankan oleh Kevin Ardilova) dengan ayahnya di penjara dan saudara laki-lakinya di luar negeri untuk bekerja.

Rakib bekerja sebagai pengurus rumah tangga tunggal di sebuah rumah kosong milik Purna (Arswendy Bening Swara), seorang pensiunan jenderal yang klan keluarganya telah mengabdi selama berabad-abad di sebuah kota pedesaan di Indonesia. 

Setelah Purna kembali ke rumah untuk memulai kampanye pemilihan Bupati, Rakib terikat dengan lelaki tua itu, yang menjadi mentor dekat dan figur ayah, dan menemukan panggilannya sebagai asisten Purna dalam pekerjaan dan kehidupan. 

Konflik terjadi ketika Rakib mulai menyadari adanya relasi yang tak sehat, yang didominasi oleh kuasa Purna selaku jenderal yang harus ia hormati.

Di lubuk hatinya, Rakib tak ingin terus menerus mengabdi dengan Purna, yang menurutnya merupakan sosok yang kejam.

Namun, kuatnya dominasi Purna dalam kehidupan Rakib membuat dia tidak mudah untuk lepas dari belenggu kekuasaan Purna.

Review Autobiography

img_title
Film Autobiography. (Foto: IMDb)

Secara keseluruhan, film ini menghadirkan tema dan alur cerita yang unik dan berbeda dari kebanyakan film di Indonesia.

Makbul mencoba menghadirkan deretan pesan terselubung dari setiap adegan dan setiap jalan cerita dalam Autobiography.

Unsur “relasi kuasa” yang ingin disampaikan oleh sang sutradara agaknya bisa sangat dirasakan oleh penonton saat menyaksikan film tersebut.

Arswendy Bening Swara (Purna) melahirkan salah satu villain paling mengerikan di sinema Indonesia tahun ini. Penampilannya intimidatif dengan cara yang amat efektif, memaksimalkan tiap gerak maupun tutur kata sekecil apa pun.

Sedangkan Kevin Ardilova (Rakib) membawa transformasi psikis natural seorang pemuda, yang terombang-ambing kala dihadapkan pada kuasa, yang rupanya membebani bagi mereka yang masih punya nurani. 

Dari segi sinematografi, film ini sangat memanjakan mata dengan visual yang hangat. Suasana yang digambarkan dalam film juga sangat mencerminkan keadaan Indonesia pada umumnya.

Namun, yang dirasa kurang dari film ini adalah pengenalan karakter di awal film, sehingga membuat penonton merasa bertanya-tanya mengenai background dari para karakter.

Jadi di seperempat pertama film, penonton akan dibuat bertanya-tanya mengenai karakter atau tokoh yang ada di film tersebut, sebelum memahami betul tentang alur cerita yang terjadi.

Secara keseluruhan, Film Autobiography bisa dianggap sebagai film yang unik dan keren dengan mengandung banyak makna di dalamnya, terutama makna tentang adanya relasi kuasa dalam satu sistem yang menindas. Film ini siap tayang di bioskop Indonesia mulai 19 Januari 2023.