Wakil Amerika Serikat Menangkan Gelar Miss Universe 2022

R'Bonney Gabriel
R'Bonney Gabriel (Foto : Instagram @rbonneynola)

AntvMiss Universe 2022 dimenangkan oleh Miss USA, R'Bonney Gabriel. Gabriel telah dinobatkan sebagai ratu kecantikan dalam malam puncak yang digelar di New Orleans Morial Convention Center di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, pada Sabtu malam, 14 Januari 2023 waktu setempat atau Minggu, 15 Januari 2023 waktu Indonesia. 

Dalam Runner Up pertama diraih oleh Amanda Dudamel yang merupakan perwakilan dari Venezuela. Sedangkan, Runner-up kedua jatuh kepada Andreina Martinez Founier perwakilan dari Republik Dominika.

Pada babak Top 3, para kandidat menerima pertanyaan final yang menentukan hasil akhir mereka. Ketiganya ditanya apa rencana yang akan mereka lakukan sebagai Miss Universe sebagai upaya pemberdayaan perempuan yang progresif.

R'Bonney Gabriel sendiri mengatakan jika dirinya mengaplikasikan pekerjaannya sebagai perancang busana selama 13 tahun ke dalam tugas-tugas Miss Universe.

"Saya menggunakan fashion sebagai kekuatan untuk kebaikan, dalam industri saya, kami menurunkan polusi dengan menggunakan materi daur ulang, dan mengadvokasi para perempuan penyintas human trafficking, KDRT," ujar Gabriel, dikutip Minggu 15 Januari 2023. 

"Gunakan talenta unik kita untuk membuat perbedaan, kita semua punya hal yang spesial untuk membuat perbedaan. Kita punya hal yang spesial dan kita gunakan itu untuk orang lain dalam hidup kita, dan alat perubahan," lanjutnya.