Tebar Uang dan Beras di Pernikahan Kaesang Pangarep, Ini Maknanya Menurut Jokowi

Presiden Jokowi dan keluarga
Presiden Jokowi dan keluarga (Foto : Youtube Presiden Jokowi)

Antv – Serangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono hari ini, Minggu, 11 Desember 2022 telah dilaksanakan, mulai dari ngunduh mantu hingga kirab pengantin di Loji Gandrung, Solo.

Salah satu yang menjadi pusat perhatian adalah pesan dari Presiden Jokowi ketika sedang melaksanakan sesi sungkeman. Ayahanda Kaesang tersebut memberikan pesan dalam menggunakan bahasa Jawa. 

Menurut Pemerhati Budaya, Enti Harrianto, menyampaikan jika Jokowi berpesan kepada mantu terakhir serta acara terakhir. Sebagai orang tua, ia mempunyai kewajiban untuk mengantarkan anak-anaknya menuju kehidupan rumah tangganya.

"Pesan dari pak Jokowi, pertama menyampaikan ini bahwa mantu terakhir atau acara terakhir. Sebagai orangtua memiliki kewajiban mengantarkan anak-anak ke kehidupan rumah tangga,” ujar Enti, dilansir dari TV One, Minggu, 11 Desember 2022.

Kemudian Jokowi juga berpesan agar kehidupan sang putra dengan Erina Gudono agar tetap rukun. Begitu pula dengan sang kakak tertua, Gibran Rakabuming yang harus pandai membimbing adiknya.

“Pak Jokowi berpesan agar rukun, jadi keluarga rukun. Pesan ke Gibran bahwa sebagai kakak tertua (harus) pandai bawa diri memimpin adik," tuturnya.