Langkahi Kedua Kakak, Erina Gudono Jalani Prosesi Langkahan Sebelum Siraman

Erina Gudono
Erina Gudono (Foto : Instagram @erinagudono)

Antv – Serangkaian prosesi adat jelang pernikahan Erina Gudono dan Kaesang Pangarep telah dimulai hari ini. Setelah tadi malam menggelar acara pengajian, pagi ini keduanya akan menjalani prosesi siraman.

Akan tetapi, sebelum menjalani siraman Erina Gudono diketahui menjalani beberapa rangkaian prosesi adat terlebih dahulu yang memiliki filosofi dan harapan yang mendalam terkait kehidupan pernikahannya kelak.

Diawali dengan prosesi pasang bleketepe. Bleketepe yang dibuat dari anyaman daun kelapa, pada masa lampau digunakan untuk peneduh tarub atau area menyambut tamu bagi yang punya hajat.  

img_title
Erina Gudono. (Foto: Instagram @erinagudono)

Oleh karena itu, hingga kini memiliki makna doa agar rumah tangga kedua mempelai selalu dalam keteduhan, ketentraman, kedamaian.

Disambung dengan upacara adat tuwuhan dengan menghias dengan berbagai macam tumbuhan yang memiliki filosofi mendalam dengan harapan agar kedua mempelai diberi pikiran yang jernih dan hati yang tulus.

Upacara pun disambung dengan prosesi cethik geni yang hanya dilakukan oleh pernikahan pertama dalam keluarga atau penanda mantu pertama.