Pinangki Bebas Bersyarat, Ernest: Indonesia Iklim Kondusif Koruptor

Ernest Prakasa
Ernest Prakasa (Foto : Starvision)

Antv – Belakangan ini, publik dihebohkan dengan pemberitaan soal Pinangki Sirna Malasari yang dinyatakan bebas bersyarat pada 6 September 2022 kemarin. 

Menanggapi hebohnya pemberitaan tersebut, komika sekaligus aktor Ernest Prakasa turut menyampaikan pendapatnya di media sosial. Sambil mengutip sebuah artikel berita tentang Pinangki, Ernest seolah menyinggung soal korupsi di Indonesia yang memang sangat sulit diberantas.

“Divonis 10 tahun, kasasi, dikurangin jadi 4 tahun, jaksa nggak banding. Setelah 2 tahun, bebas bersyarat. Emang Indonesia ini iklimnya kondusif buat jadi koruptor, jadi janganlah mimpi korupsi bisa diberantas,” cuit Ernest Prakasa di Twitternya, dikutip ANTVklik pada Kamis, 8 September 2022. 

img_title
Ernest Prakasa. (Foto : Instagram)
 

Sebagai informasi, Pinangki Sirna Malasari sendiri divonis bersalah karena menjadi makelar kasus alias markus agar terpidana korupsi Djoko Tjandra bisa lolos dari hukuman penjara dengan mengajukan PK. Saat itu, Djoko statusnya buron. Tapi usaha Pinangki terbongkar dan dia harus mempertanggungjawabkannya.

Pinangki awalnya divonis 10 tahun penjara oleh majelis hakim pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Vonis tersebut kemudian disunat oleh Pengadilan Tinggi Jakarta menjadi 4 tahun penjara. Atas vonis itu, jaksa dan Pinangki tidak mengajukan kasasi.

Pinangki Sirna Malasari dieksekusi ke Lapas Tangerang pada 2 Agustus 2021. Baru satu tahun dieksekusi, Pinangki sudah dinyatakan bebas bersyarat.