Bongka Rahasia, Reza Artamevia Terapkan Ilmu Tajwid Saat Nyanyi

Reza Artamevia
Reza Artamevia (Foto : Instagram @rezaartameviaofficial)

Antv – Sebagai salah satu diva kebanggaan Tanah Air, kemampuan vokal seorang Reza Artamevia tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Suaranya yang berkarakter membuat penggemarnya tetap setia mendengarkan lantunan lagu-lagu indahnya.

Untuk menghasilkan vokal yang baik, rupanya ia memiliki teknik khusus. Ia lantas memadukan ilmu-ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an dan teknik vokal pada umumnya. 

Hal tersebut berangkat dari pengamatannya terhadap banyak penyanyi dengan karakter vokal yang kuat berasal dari latar belakang agama Kristen yang terbiasa dengan paduan suara gereja. Dari situlah ia akhirnya bertekad untuk membuktikan bahwa dengan latar belakang seorang Muslim, ia juga bisa bersaing dengan mereka.

img_title
Reza Artamevia. (Foto : Youtube Keema Entertainment)

“Kan yang terkenal banyak sekali yang vokalnya kuat itu emang dari choir (paduan suara) gereja terus jadi penyanyi gitu kan. Terus aku tuh dalam hati bilang aku ingin buktiin juga bahwa dengan background mengaji juga bisa menjadi penyanyi yang baik,” ungkapnya pada Angelina Sondakh dilihat dari video di kanal Youtube Keema Entertainment pada Selasa, 6 September 2022.

“Dan sampai saat ini tuh aku masih belajar, nyanyi tuh aku nggak pernah berhenti belajar sampai saat ini. Dan akhirnya juga aku belajar lagi, aku gabungkan ilmu membaca Al-Qur’an, tajwid, makhraj, itu semua diterapkan di nyanyi,” sambungnya.

Lebih lanjut, mantan istri Adjie Massaid itu menjelaskan bagaimana proses penerapan ilmu tajwid dalam teknik-teknik vokalnya, mulai dari pengucapan, dan lain sebagainya. Sejak menerapkan teknik tersebut, Reza merasa vokalnya jadi jauh lebih indah.