Film Tiga Dara Akan Diputar di Indonesia Friendship Day 2022 di Jepang

Film Tiga Dara Akan Diputar di Indonesia Friendship Day 2022
Film Tiga Dara Akan Diputar di Indonesia Friendship Day 2022 (Foto : KBRI Fukuoka)

Antv – Dalam kunjungan kerja ke Perpustakaan Kota Fukuoka, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi mendorong penyelenggaraan pemutaran film Indonesia di Jepang, salah satunya film Tiga Dara. Kegiatan itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Indonesia Friendship Day (IFD) di Fukuoka yang direncanakan akan diselenggarakan pada awal November 2022.

Dalam pertemuan dengan Kepala Perpustakaan Kota Fukuoka, Shigeki Tateishi pada Rabu (24/8), pemutaran film Indonesia ini menurut Dubes Heri merupakan upaya KBRI Tokyo dalam memperkuat promosi ekonomi kreatif Indonesia di Jepang.

“Kunjungan saya ke Perpustakaan Fukuoka ini adalah untuk menjajaki kerja sama promosi persahabatan dan ekonomi kreatif Indonesia – Jepang, salah satunya melalui kegiatan pemutaran film Indonesia”, ujar Dubes Heri Akhmadi yang didampingi Diplomat Muda KBRI Tokyo Pandu Utama Manggala. 

Kepala Perpustakaan Kota Fukuoka, Shigeki Tateishi mengapresiasi kesempatan kerja sama pemutaran film Indonesia dari KBRI Tokyo. “Perpustakaan Fukuoka memiliki banyak koleksi film Indonesia, yang juga telah didistribusikan ke lebih dari 140 sanggar atau balai budaya di Jepang. Kami siap mendukung kegiatan promosi persahabatan Indonesia – Jepang," kata Shigeki Tateishi.

Konsul Kehormatan (Konhor) RI di Fukuoka, Nishimura  Matsuji yang juga merupakan Chairman Kyudenko Corporation menegaskan komitmennya untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan IFD di Fukuoka, yang juga akan menjadi kegiatan untuk merayakan kemerdekaan ke-77 Indonesia di Prefektur Fukuoka. 

Dubes Heri Akhmadi dalam kunjungan itu meninjau berbagai koleksi buku dan arsip perfilman Indonesia yang dimiliki Perpustakaan Kota Fukuoka. Arsip film Indonesia yang disimpan itu turut didigitalisasi agar dapat diakses lebih luas, khususnya untuk koleksi film-film lawas. Di antaranya film drama musial ‘Tiga Dara’ yang diproduksi pada tahun 1957.

Kembangkan Riset Energi Baru Terbarukan, Dubes Heri Akhmadi Jembatani Kerja Sama Kyushu University dengan Universitas Pertamina.