Bebas dari Penjara, Bill Cosby Mengaku Tidak Bersalah

Bill Cosby. (Reuters)
Bill Cosby. (Reuters) (Foto : )
Aktor sekaligus komedian, Bill Cosby dibebaskan dari penjara Pennsylvania, Rabu (30/06/2021). Bill Cosby mengaku tidak bersalah.
Bill Cosby dibebaskan setelah pengadilan tertinggi Pennsylvania membatalkan vonis 2018 yang menyatakan dia bersalah atas kasus pelecehan seksual. Sejumlah aktivitis mengecam keras keputusan baru tersebut.Mengutip Reuters, sekitar 1 jam setelah dibebaskan, pria berusia 83 tahun itu tiba di rumahnya di Elkin Pars, Philadelphia.Bill Cosby menulis penyataan lewat akut Twitter pribadinya, 1 Juli 2021. Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan dari penggemarnya.Lebih lanjut, Cosby menerangkan  dirinya tidak mengubah pendirian. Cosby mengaku tidak bersalah.“Saya tidak pernah mengubah pendirian atau cerita saya. Saya selalu mempertahankan ketidakbersalahan saya,” tulis Bill Cosby,[caption id="attachment_476043" align="alignnone" width="1000"]
Bill Cosby mengaku tidak bersalah. (Foto: Twitter @BillCosby) Bill Cosby mengaku tidak bersalah. (Foto: Twitter @BillCosby)[/caption]Popularitas Bill Cosby melejit lewat perannya sebagai ayah yang penuh cinta dalam serial komedi The Cosby Show  tahun ‘80-an. Dari peran itu, Cosby mendapat julukan ‘America’s Dad'.Namun, reputasinya tercoreng ketika 50 perempuan muncul ke publik dan mengklaim menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan sang aktor selama hampir 5 dekade.Salah satunya adalah kasus pelecehan seksual terhadap Andrea Constand.Karyawan Temple University itu mengaku, Bill Cosby mencekokinya dengan obat-obatan terlarang lalu melecehkannya di rumah sang aktor tahun 2004.Pengacara Lisa Bloom mewakili tiga penuduh Cosby mengatakan, dirinya menasihati para korban kekerasan seksual bahwa "sistem masih secara besar-besaran berpihak pada orang kaya dan berkuasa"."Anda membutuhkan tingkat kekuatan dan keberanian manusia super," kata Bloom di Twitter."Untungnya banyak korban memilikinya. Korban Cosby lainnya, saatnya untuk maju!" lanjut Bloom.