youtube channel

Channels

Vaksin Covid-19 Akan Tersedia di Pasaran Pada Oktober 2020, Harganya?

Vaksin Covid-19 Akan Tersedia di Pasaran Pada Oktober 2020, Harganya?

Salah satu kandidat vaksin Covid-19 (Foto: Reuters)

Berbagai lembaga dunia berlomba membuat vaksin Covid-19. Namun Universitas Oxford mengklaim, vaksin yang dikembangkan mereka akan tersedia di pasaran pada Oktober tahun ini. Harganya?

antvklik.com - Universitas Oxford di Inggris adalah salah satu lembaga yang berada di barisan depan dalam pengembangan vaksin Covid-19

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, para ilmuwan Oxford menyatakan, vaksin Covid-19 akan tersedia di pasaran pada Oktober tahun ini.

Disebutkan, hasil uji klinis akan keluar pada Agustus atau September mendatang. Jika hasilnya menggembirakan, maka akan dilanjutkan dengan produksi vaksin secara massal.

Direncanakan, produsen farmasi raksasa Eropa, yaitu AstraZeneca, akan segera memproduksi vaksin dari Oxford ini. Target pertama produksi adalah 30 juta dosis vaksin.

Sementara produsen farmasi asal India, Serum Institute, baru-baru ini juga mengumumkan akan memproduksi vaksin dari Oxford.

Meski demikian, perusahaan ini sudah memberikan perkiraan harga jual vaksin sebesar 1.000 rupee atau setara Rp188.000 per dosis.

Sebelumnya, Profesor Adrian Hill, Direktur Institut Jenner Universitas Oxford merasa yakin akan keampuhan vaksin ini.

Menurutnya, vaksin yang diberi nama Oxford ChAdOx1 telah dukses diuji coba pada hewan dan kini sedang diuji klinis pada manusia

"Vaksin ini menunjukkan hasil baik dalam uji coba dengan simpanse dan telah bergeser ke fase berikutnya, yaitu uji coba ke manusia," katanya.

Jika hasil uji klinis vaksin ini bekerja dengan baik, maka Inggris akan menjadi negara pertama yang menerima vaksin Oxford.

Selain kandidat vaksin Oxford, perusahaan bioteknologi yang bermarkas di Beijing, National Biotec Group Co, baru-baru ini mengumumkan telah menerima persetujuan untuk uji klinis kandidat vaksin buatan mereka di Uni Emirat Arab.


icon featured

Artikel Terkait

icon featured

Terpopuler

icon featured

Komentar