youtube channel

Channels

Tambang Batu Giok di Myanmar Longsor, 113 Orang Tewas

Tambang Batu Giok di Myanmar Longsor, 113 Orang Tewas

Pekerja melakukan evakuasi korban longsor tambang batu giok di Myanmar (Foto: The New York Times)

Sedikitnya 113 orang tewas akibat bencana tanah longsor yang melanda salah satu tambang batu giok di wilayah Myanmar utara.

antvklik.com - Sedikitnya 113 orang tewas akibat tanah longsor di salah satu tambang batu giok di Myanmar utara. Insiden ini merupakan salah satu kecelakaan terburuk yang pernah menimpa industri berbahaya ini.

Seperti dilansir AFP, Kamis (2/7/2020) setiap tahun selalu ada angka kematian saat bekerja di industri batu giok yang menguntungkan negara itu.

Menurut Departemen Pemadam Kebakaran Myanmar dalam pernyataanya di akun Facebook, bencana tanah longsor terjadi usai hujan lebat di dekat perbatasan China di negara bagian Kachin.

“Para penambang terjebak gelombang lumpur. Total 113 mayat telah ditemukan sejauh ini,” demikian disampaikan Departemen Pemadam Kebakaran dalam pernyataanya, Kamis (2/7/2020).

Tim pencarian dan penyelamatan mengarungi lembah yang dilanda tanah longsor untuk mengevakuasi jenazah dan membawanya keluar dari danau lumpur. Tim penyelamat bekerja sepanjang pagi untuk mengangkat mayat-mayat dari danau lumpur, menarik kereta ke permukaan dan menggunakan ban sebagai rakit darurat.

Polisi mengatakan bahwa 99 mayat ditemukan pada siang hari, dengan 20 lainnya luka-luka. Mereka menjelaskan bahwa upaya pencarian dan penyelamatan telah dihentikan karena hujan lebat.

Polisi setempat mengatakan, para penambang tampaknya mengabaikan peringatan untuk tidak bekerja di tambang terbuka yang berbahaya selama musim hujan. Saat kejadian, para pekerja tambang sedang mencari batu permata di daerah pegunungan yang tajam di kota Hpakant, di mana alur-alur dari penggalian sebelumnya telah membekas di bumi.

Rekaman yang belum terverifikasi dari insiden tersebut menunjukkan semburan lumpur yang menghantam lokasi ketika para pekerja menyusuri lereng curam yang tajam.


icon featured

Artikel Terkait

icon featured

Terpopuler

icon featured

Komentar