youtube channel

Channels

Legenda Gudeg Yogya Mbah Lindu Meninggal Dunia di Usia 1 Abad

Legenda Gudeg Yogya Mbah Lindu Meninggal Dunia di Usia 1 Abad

Legenda Gudeg Yogya Mbah Lindu Meninggal Dunia di Usia 1 Abad (Foto Dok. Istimewa)

Pedagang gudeg legendaris yang setiap hari berjualan di Jalan Sosrowijayan, Mbah Lindu meninggal dunia di usia 100 tahun atau 1 abad.

antvklik.com - Menurut Ratiyah, anak Mbah Lindu, sang ibu meninggal dunia pada Minggu (12/7/2020) pukul 17.58 WIB, selepas adzan maghrib.

Sudah lebih dari 80 tahun, almarhumah Mbah Lindu yang bernama asli Biyem Setyo Utomo menjajakan Gudeg, makanan yang dikenal identik dengan Kota Yogyakarta ini.

Lebih lanjut anak perempuan Mbah Lindu, Ratiyah mengatakan, jika sang ibu meninggal dunia karena sakit sepuh atau usia lanjut atau tua.

"Meninggal di umur 100 tahun. Mbah Lindu meninggal di rumah kebetulan ditunggui oleh anak, cucu dan keluarga. Meninggal karena sakit sepuh," kata Ratiyah di rumah duka, Klebangan Blok E-3, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY, seperti dikutip dari viva.co.id.

Ratiyah lantas menambahkan, sebelum meninggal, pada Sabtu 6 Juni 2020, Mbah Lindu sempat jatuh di dapur.

Usai jatuh, Mbah Lindu sempat dirawat di RS Panti Rapih selama dua hari. Kemudian Mbah Lindu dipersilakan pulang ke rumah.

"Kata dokternya memang tidak ada yang sakit. Memang karena sudah tua saja. Kemudian disuruh pulang ke rumah. Supaya bisa beristirahat di rumah. Di rumah ya masih sempat membantu masak dan mengupas telur," ucap Ratiyah.

Sejak pulang dari rumah sakit, secara fisik, Mbah Lindu terlihat cukup sehat, bahkan Mbah Lindu masih bisa beraktivitas seperti biasa dan sesekali membantu membuat gudeg di dapur.

Hanya saja sejak tiga hari yang lalu, Mbah Lindu enggan makan dan sebelum meninggal dunia, Ratiyah menyebut Mbah Lindu sempat minum air putih.

"Sebelum meninggal tadi sempat minta air putih. Masih bisa bilang Allah, Allah gitu,"ungkap Ratiyah.

Berdasarkan pantauan di rumah duka, nampak sudah banyak warga maupun saudara yang datang untuk mengucapkan belasungkawa. Jenazah Mbah Lindu disemayamkan sementara di ruang tamu rumah duka.

Menurut rencana Mbah Lindu akan dimakamkan pada Senin 13 Juli 2020 pukul 11.00 WIB, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Klebengan yang berada tak jauh dari rumah duka.


icon featured

Artikel Terkait

icon featured

Terpopuler

icon featured

Komentar