youtube channel

Channels

Kritik Xi Jinping Soal Corona, Profesor di China Ditangkap Aparat

Kritik Xi Jinping Soal Corona, Profesor di China Ditangkap Aparat

Presiden China Xi Jinping (Foto: Reuters)

Seorang profesor hukum yang menerbitkan tulisan soal pandemi corona yang bernada kritik ke Presiden China Xi Jinping ditangkap pihak berwenang.

antvklik.com - Pihak berwenang China menahan seorang profesor hukum yang menerbitkan tulisan bernada kritik ke Presiden China Xi Jinping. Tulisan itu membahas tentang pandemi virus corona dan upaya Xi untuk mengkonsolidasikan kekuasaan.

Seperti dilansir AFP, Senin (6/7/2020) Xu Zhangrun, seorang profesor dan kritikus yang jarang bicara lantang terhadap pemerintah di akademisi China yang disensor, ditangkap di rumahnya di pinggiran kota Beijing oleh lebih dari 20 orang. Informasi ini diperoleh dari salah seorang rekannya yang enggan disebut namanya.

Xu menerbitkan sebuat tulisan pada Februari lalu, yang menyalahkan budaya pembohongan dan sensor yang dikembangkan oleh Presiden Xi Jinping dalam penyebaran virus corona di China.

Profesor hukum di Universitas Tsinghua itu sebelumnya menentang penghapusan batas masa jabatan presiden dalam sebuah tulisan yang beredar online.

Seorang teman Xu mengatakan seorang pria yang mengaku sebagai polisi telah memanggil istri Xu untuk memberitahunya, bahwa Xu ditangkap karena diduga menerima imbalan prostitusi di kota barat Chengdu.

Xu mengunjungi Chengdu musim dingin lalu dengan sejumlah cendekiawan China liberal, meskipun tidak jelas apakah penangkapan itu terkait dengan perjalanan itu, kata teman Xu sembari menyebut tuduhan terhadap Xu “konyol dan tak tahu malu”.


icon featured

Artikel Terkait

icon featured

Terpopuler

icon featured

Komentar