youtube channel

Channels

Jepang Dilanda Banjir dan Tanah Longsor, Puluhan Orang Tewas

Jepang Dilanda Banjir dan Tanah Longsor, Puluhan Orang Tewas

Banjir dan tanah longsor di wilayah Pulau Kyushu, Jepang (Foto: The New York Times)

Puluhan orang dikabarkan tewas akibat banjir dan tanah longsor yang melanda wilayah Jepang bagian barat. Lebih dari 40 ribu personel termasuk polisi, militer, petugas pemadam dan juga penjaga pantai dikerahkan untuk membantu upaya penyelamatan.

antvklik.com - Otoritas darurat di Jepang bagian barat tengah berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak banjir dan tanah longsor. Sedikitnya 50 orang dikhawatirkan tewas akibat bencana alam ini.

Dilansir dari AFP, Selasa (7/7/2020), Badan Meterorologi Jepang (JMA) merilis peringatan level tertinggi untuk hujan deras dan tanah longsor bagi wilayah Pulau Kyushu. Prakiraan cuaca menunjukkan hujan deras masih akan mengguyur wilayah tersebut hingga Kamis (9/7/2020) mendatang.

Seorang pejabat di wilayah Kumamoto, wilayah yang terdampak paling parah, menuturkan bahwa 49 orang dipastikan tewas, dengan satu orang lainnya dikhawatirkan telah meninggal akibat bencana alam ini. Sementara sekitar belasan orang masih belum diketahui keberadaannya.

Lebih dari 40 ribu personel termasuk polisi, militer, petugas pemadam dan juga penjaga pantai dikerahkan untuk membantu upaya penyelamatan. Sungai-sungai yang meluap membuat beberapa jembatan hanyut dan jalanan terendam air, sehingga situasi ini semakin mempersulit upaya penyelamatan.

Laporan menyebut 14 orang korban tewas di antaranya merupakan penghuni rumah jompo setempat, yang semuanya menggunakan kursi roda sehingga tidak mampu menyelamatkan diri ke daratan lebih tinggi saat banjir menerjang.

Satu hal lainnya yang mempersulit upaya evakuasi adalah kekhawatiran penyebaran virus corona. Keharusan mematuhi aturan social distancing secara tidak langsung mengurangi kapasitas tempat pengungsian. Padahal ribuan orang diperintahkan untuk mengungsi dari rumah masing-masing.

Bencana alam ini terjadi saat Jepang tengah berada dalam musim penghujan, yang kerap diwarnai oleh banjir dan tanah longsor. Perubahan iklim juga memainkan peran karena atmosfer yang menghangat menahan lebih banyak air, sehingga meningkatkan risiko dan intensitas banjir akibat hujan deras ekstrem.


icon featured

Artikel Terkait

icon featured

Terpopuler

icon featured

Komentar