youtube channel

Channels

Harga Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia Bakal Jauh Lebih Murah dari Vaksin India

Harga Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia Bakal Jauh Lebih Murah dari Vaksin India

Kandidat vaksin Covid-19 (Foto: Reuters)

Sejumlah negara kini berpacu membuat vaksin Covid-19. Sejumlah kandidat vaksin kini sudah memasuki tahap uji klinis. Ternyata, harga vaksin Covid-19 buatan Indonesia bakal jauh lebih murah dari vaksin India.

Indonesia adalah salah satu negara yang membuat vaksin Covid-19. Ada dua negara yang diajak kerjasama untuk pembuatan vaksin ini.

Lewat perusahaan BUMN, PT Bio Farma, pembuatan vaksin yang dikembangkan bersama perusahaan bioteknologi asal China Sinovac Biotech.

Saat ini kandidat vaksin Covid-19 telah melewati fase uji klinis pertama dan akan memasuki fase kedua pada akhir Juni nanti.

Sementara, vaksin yang dikembangkan PT Kalbe Farma yang bekerjasama dengan perusahaan asal Korea Selatan, Genexine, sedang proses uji klinis fase pertama di Korea Selatan sejak Juni lalu. Uji klinis fase kedua akan digelar di Indonesia pada Agustus mendatang.

Ketua Konsorsium Penelitian dan Inovasi Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi Ali Gufron Mukti mengatakan, jika berjalan lancar, dan vaksin dapat diproduksi massal, maka harganya berkisar Rp75 ribu per orang.

"Jika harga vaksinnya sekitar 5 dollar AS atau Rp75.000, maka kita butuh setidaknya Rp26,4 triliun,” katanya di Jakarta, Kamis (2/7/2020).

Perkiraan biaya itu dihitung berdasarkan rumus atau formula viro yang akan menghitung berapa orang yang perlu divaksin.

Dengan perhitungan bahwa satu orang dapat menularkan virus sampai ke tiga orang. Lalu, dilakukan perhitungan dengan mengkalikan dengan 2/3 jumlah penduduk Indonesia sebanyak 260 juta orang. Sehingga didapatkan 176 juta unit vaksin.

“Jika setiap orangnya membutuhkan dua kali vaksin, maka diperlukan 352 juta unit vaksin untuk masyarakat,” katanya.

Karena itu setidaknya dibutuhkan waktu selama kurang lebih satu tahun untuk bisa memvaksin semua warga yang membutuhkan.

Lebih Murah dari Vaksin India

Ternyata harga vaksin Covid-19 buatan Indonesia bakal lebih murah dari vaksin produksi India.

Adalah produsen farmasi asal India, Serum Institute, baru-baru ini juga mengumumkan akan memproduksi vaksin dari Universitas Oxford, Inggris.

Perusahaan ini sudah memberikan perkiraan harga jual vaksin sebesar 1.000 rupee atau setara Rp188.000 per dosis.

Sebelumnya, Profesor Adrian Hill, Direktur Institut Jenner Universitas Oxford merasa yakin akan keampuhan vaksin ini.

Menurutnya, vaksin yang diberi nama Oxford ChAdOx1 telah dukses diuji coba pada hewan dan kini sedang diuji klinis pada manusia

"Vaksin ini menunjukkan hasil baik dalam uji coba dengan simpanse dan telah bergeser ke fase berikutnya, yaitu uji coba ke manusia," katanya.

Jika hasil uji klinis vaksin ini bekerja dengan baik, maka Inggris akan menjadi negara pertama yang menerima vaksin Oxford.

Selain kandidat vaksin Oxford, perusahaan bioteknologi yang bermarkas di Beijing, National Biotec Group Co, baru-baru ini mengumumkan telah menerima persetujuan untuk uji klinis kandidat vaksin buatan mereka di Uni Emirat Arab.


icon featured

Artikel Terkait

icon featured

Terpopuler

icon featured

Komentar