BPPD Pacitan: Belum Ada Laporan Korban dan Kerusakan Dampak Gempa Magnitudo 6,0

Belum Ada Laporan Korban dan Kerusakan Dampak Gempa M 6,0
Belum Ada Laporan Korban dan Kerusakan Dampak Gempa M 6,0 (Foto : antvklik-Agus Wibowo)

AntvGempa bermagnitudo 6,0 mengguncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Kamis dini hari (8/6/2023), sekira pukul 00.04 WIB. Berdasarkan release BMKG, gempa bumi berpusat pada 117 km Barat Daya Kabupaten Pacitan dengan kedalaman 10 kilometer.

Rudito Sugianto (35), salah seorang warga Kelurahan Ploso Pacitan mengaku, gempa cukup kuat dirasakan oleh masyarakat.

Bahkan sebagian besar masyarakat yang sedang tidur terlihat lari keluar rumah. Setelah bisa keluar rumah kemudian warga banyak yang memukul kentongan memberikan tanda bahaya.

"Sangat terasa sekali, saya pas lagi tidur nyenyak sampai terbangun ini tadi, dan langsung keluar.  Saya pukul kentongan yang ada di samping rumah untuk  tanda bahaya, " katanya.

Kepala Pelaksana  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Erwin Andriatmoko menyebut meski berkekuatan magnitudo 6,0 namun kajian sementara gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Sedangkan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa tersebut belum ada laporan yang masuk baik ke Posko BPBD Pacitan.

Petugas BPBD bahkan saat ini masih melakukan pemantauan di sejumlah wilayah untuk memastikan dampak kerusakan akibat  gempa magnetudo 6.0 yang telah mengguncang Pacitan tadi malam.

"Sementara gempa tidak berpotensi tsunami, termasuk belum ada laporan terkait dengan dampak kerusakan yang ditimbulkan. Petugas saat ini masih melakukan pemantauan  di berbagai wilayah untuk memastikan dampak baik korban atau kerusakan yang ditimbulkan gempa itu," jelasnya.

Meski demikian, masyarakat diminta  harus tetap tenang dan selalu waspada. Jika merasakan gempa segera mencari lokasi yang lapang agar terhindar dari reruntuhan.