70 Tahun Lebih Kerjasama Indonesia dan Inggris Disimbolkan di Perayaan Ulang Tahun Raja Charles III

70 Tahun Lebih Kerjasama Indonesia dan Inggris
70 Tahun Lebih Kerjasama Indonesia dan Inggris (Foto : antvklik-Bagus/Diana)

Antv – Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Raja Inggris, Raja Charles III, Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, bersama dengan Misi Inggris untuk Asean, menggelar sebuah acara di sebuah hotel di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan (07/06/2023).
 
Bertemakan Keberlanjutan, Komunitas, Kaum Muda, Dan Keberagaman”, Perayaan Ulang Tahun Yang Mulia Raja Inggris ini berjalan dengan sukses, dengan dihadiri oleh lebih dari 800 orang tamu undangan, yang terdiri dari kalangan Menteri Indonesia, pebisnis, politisi, pembuat kebijakan, dan pimpinan media massa.
 
Usai acara, Duta Besar Inggris Untuk Indonesia Dan Timor Leste, Owen John Jenkins, mengatakan, perayaan ini juga merupakan simbol persahabatan yang baik antara Pemerintah Inggris dengan Pemerintah Indonesia.
 
Owen menambahkan, Inggris dan Indonesia telah bekerja sama dengan baik selama lebih dari 70 tahun, dalam ranah hubungan dagang hingga investasi. Sehingga Owen berharap, pertumbuhan perdagangan yang ada sekarang ini dapat mencapai hasil yang sangat baik di ke depannya.
 
“Indonesia memiliki kekayaan sumber daya yang luar biasa dan kami (Inggris) menantikan manfaat bersama, dan Yang Mulia (Airlangga Hartarto) juga telah menjelaskan bahwa, kami sangat terkesan dengan rencana Indonesia dalam mengadopsi energi terbarukan dan dalam hal mengelola sumber daya hutan, kami akan dengan senang hati mendukung Indonesia, dan banyak lagi seperti di bidang budaya,  olahraga, pendidikan, dan kesehatan,” pungkas Owen.
 
“Ribuan anak muda Indonesia pergi ke Inggris setiap tahunnya untuk menimba ilmu, dan saya rasa hal ini bukanlah sekedar hubungan biasa saja, namun hal ini merupakan hubungan yang fantastis demi masa depan, jadi sekali lagi banyak terima kasih kepada Indonesia untuk persahabatan yang hebat kepada negara saya dan saya berharap persahabatan itu akan tumbuh kuat di masa depan,” Owen menambahkan.
 
Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto, mengatakan, kerjasama antara Indonesia dan Inggris dilaksanakan dengan menerapkan konsep lead by example, salah satunya terkait kerjasama untuk transisi energi dan pengurangan deforestasi.
 
Menurut Airlangga, sebagai bagian dari kemitraan tersebut, telah dibentuk Just Energy Transition Partnership (JETP) pasca G20, guna mendorong transisi sektor ketenagalistrikan di Indonesia.
 
“Persamaan terutama dalam menghadapi perubahan iklim, dan juga indonesia dan inggris bekerja sama dalam energi transisi dan juga masalah deforestasi, jadi kebersamaan dalam perkembangannya pasca G20 itu di-launching yang namanya Just Energy Transition Partnership, dimana komitmen indonesia ada 20 miliar dolar dan inggris menjadi bagian dalam G7 yang berkomitmen untuk melaksanakan hal tersebut,” kata Airlangga.
 
“Indonesia dan Inggris sudah menjalankan yang namanya Joint Economic And Trade Committee, diharapkan beberapa sektor yang mempunyai kesamaan interest bisa didorong antara lain kemarin sudah dibahas mulai dari renewable energy, green growth, food security, beverage, dan di sektor agriculture, dan tahun kemarin kita juga melihat positif pertumbuhan perdagangan dan investasi, dan kemarin bilateral trade kita mencapai 2,7 miliar dan itu naik 5%,” tutup Airlangga.