Peringkat ESG BUMI Secara Keseluruhan Naik 17 Persen, Peringkat Sosial Meningkat Tajam 40 Persen

Peringkat ESG BUMI Secara Keseluruhan Naik 17 Persen
Peringkat ESG BUMI Secara Keseluruhan Naik 17 Persen (Foto : Istimewa)

Antv – PT Bumi Resources Tbk. (“BUMI” atau “Perseroan”) raih peningkatkan dalam ESG (Environmental, Social & Government) Disclosures Scores yang diberikan oleh Bloomberg, penyedia layanan data keuangan global terkemuka, yang telah dilakukan sejak Agustus 2020.

Bloomberg ESG Disclosures Scores yang diraih BUMI secara keseluruhan meningkat sebesar 16,22% yakni dengan nilai 65,92 pada tahun 2022 berbanding 56,72 pada tahun 2021.

Peningkatan penilaian BUMI terdapat di semua item penilaian ESG dengan skor Social adalah aspek yang paling signifikan meningkat tajam hampir 40%.

Hal ini terutama disebabkan oleh pengungkapan hasil Uji Tuntas Hak Asasi Manusia dalam Laporan Keberlanjutan BUMI 2022.

Dengan pencapaian kinerja ESG tersebut, BUMI menjadi salah satu perusahaan pertambangan Indonesia terbaik dalam hasil skor pengungkapan ESG menurut Bloomberg.

Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie menyatakan, “Untuk mencapai visinya, BUMI telah menjadikan kinerja ESG sebagai salah satu indikator kinerja utamanya. Komitmen ini diwujudkan dengan inisiatif besar untuk terus meningkatkan posisi Perseroan sebagai pemimpin ESG di industri pertambangan Indonesia. BUMI juga telah menyusun laporan keberlanjutan sejak tahun 2016 hingga sekarang, yang mempublikasikan praktik-praktik ESG BUMI yang berhasil dalam berbagai aspek keberlanjutan, seperti kinerja ekonomi, praktik ketenagakerjaan, kepatuhan, lingkungan dan masyarakat serta hak asasi manusia."

"Perseroan sangat bangga dengan pencapaian rating di Refinitiv, sebagai penyedia data dan infrastruktur pasar keuangan terkemuka, untuk mengukur posisi kinerja ESG BUMI sebagai perusahaan terbaik di antara perusahaan tambang dunia lainnya dan selalu terus mengkomunikasikan pencapaian ESG-nya," tambah Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie.