Cendekiawan Kampung Siapkan Jiwa Kepemimpinan Genius Kampung

Cendekiawan Kampung Siapkan Jiwa Kepemimpinan Genius Kampung
Cendekiawan Kampung Siapkan Jiwa Kepemimpinan Genius Kampung (Foto : Istimewa)

AntvCendekiawan Kampung menggelar kegiatan Pembekalan Genius Kampung (PGK). Pembekalan Genius Kampung (PGK) adalah agenda tahunan para Genius Kampung.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 1-3 Juni 2023 di Villa Cimanuk, Pandeglang.

“PGK dirancang sebagai ruang silaturahmi seluruh jaring kolaborasi Cendekiawan Kampung, manajemen, pembina, relawan, donatur, mitra kampus dan tentu para Genius Kampung lintas generasi,” kata Atih Ardiansyah CEO Cendekiawan Kampung.

Acara PGK dibuka oleh Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita Dimyati. Dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama implementasi program #ProKampus dalam platform Beasiswa Pandeglang Berkah.

Selain Bupati Pandeglang, hadir juga Hasan Gaido CEO Gaido Group, Ade Abdurrachman Direktur Amanah Takaful, Asep Rafiudin Arief Wakil Ketua DPRD Pandeglang, Dindikbud Kabupaten Pandeglang dan Dispora Provinsi Banten.

Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan bahwa Genius Kampung merupakan generasi yang harus turun tangan bukan lepas tangan.

“Kalian akan menjadi pemimpin di esok hari, kalian sedang diasah dan persiapkan. Insya Allah proses tidak akan menghianati hasil,” sampainya saat membuka PGK.

Gelaran PGK Ketiga Kalinya

Tahun 2023 merupakan penyelenggaraan PGK ketiga kalinya. Sebelumnya, PGK telah diselenggarakan pada 2020 dan 2021.

PGK sendiri didisain dalam tiga tingkatan: mula (pengenalan nilai-nilai Cendekiawan Kampung), madya (optimalisasi peran melalui kolaborasi filantropi dan eran serta masyarakat), dan utama yang saat ini kita selenggarakan yang berfokus pada penguatan karakter kepemimpinan (leadership).

Terdapat empat materi pokok yang akan dipaparkan, yaitu: 1) Seni Memimpin dan Mengelola Konflik, 2) Kepemimpinan Perempuan & Potensi Uniknya dalam Pembangunan, 3) Kepemimpinan Digital dan Teori Generasi, 4) Mindful Leadership: Seni Memimpin Sepenuh Kesadaran.

PGK 2023 diisi oleh para narasumber dari berbagai disiplin untuk menggali potensi kepemimpinan Genius Kampung.

“Kami mengundang akademisi dan praktisi berpengalaman untuk memprovokasi potensi kepemimpinan sekira 60-an peserta PGK,” ujar Haris Ketua Pelaksana PGK 2023.

Acara ini dilanjuti dengan penandatanganan pakta integritas program Beasiswa Amanah Bangun Desa (ABD) 2023, antara penerima beasiswa ABD Batch I dengan Direktur Amanah Takaful dan CEO Cendekiawan Kampung.

Kemudian penyerahan secara símbolis bantuan beasiswa UKT dari YAT kepada Genius Kampung terpilih.

img_title
Penyerahan Bantuan Cendekiawan Kampung. (Foto: Istimewa)


“Alhamdulillah Genius Kampung atas nama Alina Tihun mendapatkan Beasiswa UKT dari Amanah Takaful,” ucap Haris.