Rem Blong, Truk Kontainer Bermuatan Saus Terguling dan Masuk Jurang di Jalur Gentong Tasikmalaya

Rem Blong, Truk Kontainer Bermuatan Saus Terguling dan Masuk Jurang
Rem Blong, Truk Kontainer Bermuatan Saus Terguling dan Masuk Jurang (Foto : antvklik-Denden Ahdani)

Antv – Sebuah truk kontainter bermuatan saus terguling hingga masuk jurang sedalam kurang lebih lima meter di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (1/6/2023) pagi.

Akibatnya, seluruh muatan saus tumpah ke jurang dan membuat tiang listrik tumbang akibat dihantam truk tersebut.

Saksi mata di lokasi kejadian, Cecep (46) mengatakan, truk tersebut datang dari arah Bandung menuju Tasikmalaya.

Sebelum kejadian, mobil dalam keadaan berhenti dan mati mesin. Namun, tiba - tiba mobil melaju sendiri dan masuk ke jurang hingga muatannya tumpah.

"Awalnya ini truk arah ke Tasik mobil dalam keadaan berhenti, mesin udah mati. Pas mati mesin, mobil lari (maju sendiri). Ini bawa saus, tujuan ke Tasik dari Jakarta katanya. Alhamdulillah gak ada korban," kata Cecep di lokasi kejadian.

Warga lainnya, Aip (32) mengatakan, akibat kejadian itu, selain mengakibatkan seluruh muatan tumpah ke jurang, juga mengakibatkan tiang listrik dan tiang telepon tumbang.

"Ini diduga rem blong soalnya mobil nyelonong. Belum evakuasi, karena mobilnya kan gede sulit diangkat. Gak ada korban, tapi Tiang telkom sama tiang listrik runtuh," kata aip.

Sementara itu, sopir truk yang terlibat kecelakaan, Manumpa Simamora (42) menjelaskan, mulanya ia akan menepi ke rumah makan. Namun, mobil truk yang dikendarainya tak kunjung berhenti. Ia pun menarik tuas rem tangan, tetapi mobil tetap melaju.

"Jadi kejadiannya, udah gigi dua dari atas ke bawah. Saya tadinya mau mampir ke rumah makan, tapi mobil gak berhenti. Saya tarik lagi rem tangan, mobil terus maju ke bawah," kata Manumpa Simamora.

Menurut Manumpa Simamora, setelah panik mobilnya tak berhenti meski sudah direm tangan, ia pun langsung mematikan mesin mobil.

Namun, usahanya untuk menghentikan mobil tetap tak berhasil. Kemudian, ia membantingkan stik ke arah kiri, untuk memimalisir korban hingga truk tersebut masuk ke jurang.

"Terus mobil dimatiin, mobil masih jalan. Saya ambil lagi jalur kiri, dari pada saya lurus banyak korban, saya ambilkan ke kiri dikit," ucap Manumpa.

Manumpa menambahkan, akibat kejadian itu tak sampai memakan korban. Pasalnya, ia mengarahkan stirnya ke arah jurang. Ia pun hanya mengalami luka lecet di bagian tangan dan kaki.

"Ini bawa saus, dari Jakarta ke Tasik. Saya gak ada luka, cuma lecet - lecet dikit saja," pungkasnya.

Peristiwa kecelakaan tunggal ini, kini ditangani oleh kepolisian dari Polsek Kadipaten dan Unit Gakkum Satlantas Polres Tasikmalaya Kota.