Begini Cerita Anindya Bakrie saat Hampir Ketabrak Bus Listrik Sampai Jadi Ide Bisnis

Cerita Anindya Bakrie saat Hampir Ketabrak Bus Listrik
Cerita Anindya Bakrie saat Hampir Ketabrak Bus Listrik (Foto : Instagram @anindyabakrie)

Antv – Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) yang juga Komisaris Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas, Anindya Bakrie mengisahkan awal mula memutuskan untuk memasuki bisnis electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik, khususnya di segmen bus listrik.

Pria yang akrab disapa Anindya ini menceritakan bahwa, saat sedang olahraga lari pagi di kampus Universitas Stanford, Palo Alto, California, Amerika Serikat (AS) pada 2018 lalu, dirinya nyaris tertabrak oleh bus listrik yang beroperasi di sekitar wilayah kampus tersebut.

"Bus itu hampir menabrak saya saat lari pagi, karena tidak ada bau (asap kendaraan) maupun suaranya. Dari sini saya bertanya-tanya, ini siapa yang buat?," kata Anindya di acara 'VKTR Media Gathering', kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari viva.co.id, Senin (29/5/2023).

Namun, Anindya mengakui bahwa pengalaman hampir tertabrak bus listrik bermerek BYD itulah yang memberikannya ide bisnis.

Anindya pun mulai memasuki bisnis EV khususnya di segmen bus listrik, karena mendapat ide untuk membawa contoh bus listrik tersebut ke Indonesia.

Anindya pun langsung menghubungi BYD sebagai salah satu produsen kendaraan listrik asal China yang memproduksi bus listrik tersebut.

Meskipun awalnya sempat menduga bahwa BYD merupakan perusahaan asal Silicon Valley, Palo Alto, California. Namun Anindya akhirnya mengetahui bahwa pengusaha tersohor Amerika Serikat, Warren Buffet. Bahkan telah berinvestasi di perusahaan asal China tersebut sejak tahun 2008 silam.

"Karena saat itu mereka (Warren Buffet) baru masuk ke segmen electric vehicle (EV), setelah sebelumnya berjualan baterai. Inilah yang menyebabkan saya mengenal mereka karena mereka menjual baterai telefon seperti Motorola, Nokia, dan lain sebagainya," kata Anindya.

Akhirnya, setelah berbagai metode dan proses panjang yang ditempuh supaya bisa menjalin kerja sama dengan BYD dalam pengembangan bus listrik tersebut, Anindya berhasil menjalin MoU bersama BYD pada 2018 lalu.

"Kita pun mengejar mereka hingga kemudian memulai MOU di 2018, dilanjutkan dengan kunjungan ke pabrik mereka. Sampai saat ini sudah ada kongsian (dengan BYD), bahkan minggu lalu saya mendampingi Pak Menko Maritim ke sana dan mereka sudah berpikir untuk lebih giat lagi berproduksi di Indonesia," tandasnya.