Sebuah Mobil Pickup Ludes Terbakar saat Mengisi BBM di SPBU Playen Gunungkidul

Sebuah Mobil Pickup Ludes Terbakar saat Mengisi BBM
Sebuah Mobil Pickup Ludes Terbakar saat Mengisi BBM (Foto : antvklik-Lucas Didit)

Antv – Sebuah mobil pickup tiba-tiba terbakar saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di area SPBU Siyono, Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen, Gunungkidul, Senin (29/05/2023).

Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Gunungkidul, Handoko, menjelaskan, mobil pickup dengan plat nomor AB 1354 KD yang dikemudikan Maryono, warga asal Kapanewon Panggang, Gunungkidul tersebut sempat terekam kamera pengawas (CCTV) milik SPBU.

"Dari rekaman video tersebut terlihat, mobil sedang berada di stasiun dan tengah mengisi bahan bakar. Tanpa diduga, tiba-tiba muncul kobaran api yang cukup besar dari dalam dashboard dalam kabin," kata Handoko, Senin (29/05/2023).

Dari keterangan saksi mata, sebelum muncul api, sempat terdengar suara letupan dari dalam kabin. Maryono yang saat itu berada di dalam mobil kemudian langsung membuka pintu dan membawa mobil keluar menjauh dari mesin pompa di SPBU. Sementara 2 orang petugas SPBU tampak berusaha memadamkan api.

Mendapat laporan Tim Damkar Gunungkidul kemudian datang ke lokasi untuk memadamkan api. Saat itu, api dengan mudah membesar dan petugas hingga warga pun tak mampu memadamkannya.

"Tak berapa lama api berhasil dipadamkan, meski mobil sudah terlanjur habis terbakar seluruhnya," ungkapnya.

Meski tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini, namun korban (Maryono) mengalami kerugian hingga Rp. 30 juta karena mobilnya habis terbakar. Sedangkan SPBU aman dari kebakaran tersebut.

Hingga kini belum diketahui pasti penyebab terbakarnya mobil, namun patut diduga kebakaran ini dipicu oleh konsleting pada bagian kelistrikan mobil.

"Ya kami menghimbau agar masyarakat waspada dan secara berkala mengecek kondisi kendaraannya sebelum digunakan beraktivitas," tandasnya.