7 Pesawat TNI AU Manuver Udara Aerobatic di Langit Lampung

7 Pesawat TNI AU Manuver Udara Aerobatic di Langit Lampung
7 Pesawat TNI AU Manuver Udara Aerobatic di Langit Lampung (Foto : antvklik-Pujiansyah)

Antv – Tujuh pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI Angkatan Udara (AU) melakukan manuver aerobatic di sekitar Bandara Radin Inten II Lampung, Senin (29/5/2023).

Manuver udara pesawat JAT itu disaksikan langsung oleh para pelajar dan masyarakat di sekitar bandara. Pesawat JAT menunjukkan aksinya di langit Lampung, dipimpin langsung oleh leader Jupiter Aerobatic Team Letkol Pnb Ripdho Utomo.

Komandan Jupiter Aerobatic Team (JAT) Letkol Pnb Ridho Utomo mengatakan, pihaknya hanya melakukan beberapa kali gerakan plesing di langit Lampung.

"Harapannya walaupun sedikit kami melakukan gerakan plesing bisa menggugah dan semangat serta cinta terhadap dirgantara bagi yang sudah hadir," kata Letkol Ridho Utomo, di Bandar Radin Inten II Lampung, Senin (29/5/2023).

Letkol Ridho menjelaskan, pada saat di ajang LIMA Malaysia pihaknya telah melakukan 14 manuver dan digabung dengan empat tim aerobatik dari negara lainnya.

"Kami dapat memposisikan bahwa TNI AU sangat disegani dengan negara lainnya," jelas Letkol Pnb Ridho.

Sebelum tiba di Lampung, pihaknya kemarin berangkat dari Tanjung Pandan, Tanjung Pinang, Pekanbaru, Medan. Disana, team JAT juga melakukan manuver di udara.

"Jadi kedepannya kalau ada kesempatan dari Lanud Pangeran Bun Nyamin akan mengadakan kegiatan kami bisa diakomodir," kata Letkol Pnb Ridho Utomo.

Sementara itu, Danlanud Pangeran M Bun Yamin, Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto mengatakan, JAT datang ke Lampung atas perintah dari Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

"Atas perintah pimpinan sebelumnya JAT ini mengikuti serangkaian event Langkawi International Maritim and Aerospace (LIMA) di Malaysia," kata Danlanud Pangeran M Bun Yamin Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto.

Pimpinan telah memerintahkan bahwa JAT harus mendatangi seluruh provinsi se Indonesia, terutama provinsi yang belum pernah didatangi salah satunya Lampung.

"Sehingga ini menjadi suatu kehormatan Lampung telah didatangi para tim dari JAT," kata Letkol Pnb Yosi.

Letkol Penerbangan Yosi mengatakan, pihaknya meminta agar kegiatan ini juga diharapkan sebagai edukasi tentang kedirgantaraan.

"Terutama untuk memperkenalkan masyarakat Lampung terutama pelajar agar termotivasi," kata Letkol Pnb Yosi.

"Dengan harapan bagi para peserta didik juga termotivasi dengan TNI AU, karena JAT ini merupakan tim aerobatik yang berskala internasional," kata Lektor Pnb Yosi.

JAT ini merupakan satu-satunya tim terbaik di Asia Tenggara dengan menggunakan aerobatic propeller adalah Indonesia.

"Secara umum dihadirkan tujuh pesawat dari JAT ini untuk pembinaan potensi dirgantara Indonesia terutama bagi pelajar di Lampung," tandas Letkol Pnb Yosi.