53 Penumpang KM 2 R Dievakuasi Basarnas Karena Kapal Mati Mesin di Perairan Saponda Laut

53 Penumpang KM 2 R Dievakuasi Basarnas saat Mati Mesin
53 Penumpang KM 2 R Dievakuasi Basarnas saat Mati Mesin (Foto : antvklik-Erdika Mukdir)

Antv – Sebuah kapal penumpang KM 2 R yang mengangkut 62 orang mengalami mati mesin saat sedang berlayar di Perairan Saponda Laut, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Minggu (28/5/2023).

Plt.Kepala KPP Basarnas Kendari, Hidayat mengatakan kapal tersebut membawa 62 orang yang terdiri dari 53 penumpang dan sembilan orang ABK.

“Mereka hendak melakukan pelayaran dari Pulau Menui (Sulawesi Tengah) dengan tujuan pelabuhan Kendari, namun ditengah perjalanan mesin kapal mengalami kerusakan dan kebocoran,” katanya.

Hidayat menambahkan gelombang di laut saat itu mencapai lebih dari satu meter hingga posisi kapal bergeser 11 nautical mil (NM) dari lokasi semula.

Meski demikian, seluruh penumpang dinyatakan selamat yang kemudian mereka dievakuasi dengan menggunakan kapal negara atau KN Pacitan.

“Kapal tersebut sempat terombang-ambing selama kurang lebih 6 jam karena awalnya kami menerima informasi jika kapal itu mengalami mati mesin sekitar pukul 11.30 Wita siang tadi akibat mesin induk mati dan rusak,” ungkapnya.

Setelah melakukan evakuasi, Tim sar kemudian membawa para penumpang yang berjumlah 53 orang dan tiba di Pebuhan Basarnas Kendari pada pukul 21.30 Wita dalam keadaan selamat.

Sementara 9 ABK yang bertahan di atas Kapal telah ditowing oleh KM Alingka menuju Pelabuhan Bungkutoko Kendari.

“Dengan tibanya seluruh penumpang dalam keadaan selamat, maka operasi SAR terhadap kapal KM Dua R mengalami mati mesin di sekitar perairan Pulau saponda laut dinyatakan selesai dan ditutup,” pungkas Hidayat.