Bekas Pabrik Kayu Milik Perusahaan Jayanti Group Terbakar, Ini Penyebabnya

Bekas Pabrik Kayu Milik Perusahaan Jayanti Group Terbakar
Bekas Pabrik Kayu Milik Perusahaan Jayanti Group Terbakar (Foto : antvklik-Christ Belseran)

Antv – Kebakaran hebat melanda sejumlah bangunan bekas pabrik pengolahan kayu mlik PT Jayanti Group di Desa Kamal, Kabupaten Seram Barat Maluku, Minggu (28/5/2023) sekira pukul 15.00 WIT.

Dari video amatir warga, yang beredar di media sosial facebook terlihat kobaran api terus membesar dan melahap semua sisi bangunan bekas pabrik kayu di Desa Kamal Kabupaten Seram Bagian Barat ini.

Tiupan angin yang kencang membuat api sulit dipadamkan, meski warga telah mencoba memadamkan dengan alat seadanya.

Dugaan sementara bangunan bekas pabrik kayu ini terbakar diduga karena korsleting listrik.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui berapa jumlah bangunan maupun kerugian akibat kebakaran ini.

Sementara itu, seorang pemilik video amatir dengan nama akun Seram Bagian Barat Berbenah mengunggah video peristiwa kebakaran hebat ini.

Dalam unggahan video yang dibagikan dalam beranda facebook akunnya itu, pemilk akun Seram Bagian Barat Berbenah ini menyampaikan kebakaran ini terjadi sekitar pukul 15.00 atau tiga sore di areal bekas perusahaan Jayanti Group, Desa Kamal Kabupaten SBB.

“Kali ini Mimin mau ngabarin ke para netizen yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng bahwa Harini ini, Minggu 28 - Mei 2023, telah terjadi kebakaran Hebat di areal bekas perusahaan Jayanti Group, Desa Kamal Kabupaten SBB sekitar pukul 15:00 WIT,” tulis pemilik akun dalam postingannya itu.

Bahkan, akun tersebut menyampaikan belum diketahui secara pasti pemicu kebakaran.

“Ada yang mengatakan bahwa ini akibat kosleting listrik, ada juga yang mengatakan bahwa kebakaran ini akibat ada oknum yg sengaja membuang puntung rokok sembarangan, sebelum ada rilis resmi dari pihak berwajib, bagi Mimin kita jangan dulu menduga-duga ya bapak Ibu Netizen semuanya,” tulis pemilik akun.  

Perusahaan Jayanti Group, menurut pemilik akun Seram Bagian Barat Berbenah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi Kayu yang pernah berjaya pada tahun 1980 - 2000 an.  Perusahaan ini menurutnya, juga pernah menyerap tenaga kerja yang luar biasa banyak.

“Saking banyaknya, hampir setiap Desa maupun dusun di wilayah Kabupaten SBB pasti ada bekas karyawan PT. Jayanti Group. Di tempat ini banyak kisah loh guys. pada jamannya, yang pengangguran bisa dapat kerjaan di sini bahkan yang Jomblo juga bisa dapat jodoh di sini loh,” tulis pemilik untuk menjelaskan profil perusahaan ini.

Dikatakannya, Jayanti Group kala itu adalah penyumbang PAD yang sangat besar untuk Kabupaten Maluku Tengah.

“Guys, kehadiran perusahaan ini dulunya cukup banyak menyumbang PAD yang begitu besar untuk Kabupaten Maluku Tengah dan Sempat juga sedikit di nikmati oleh Kabupaten SBB sebelum perusahaan ini pailit alias bangkrut,” tulisnya.

Tahun 2017 lalu, menurut akun Seram Bagian Barat Berbenah sempat di janjikan untuk di operasikan kembali oleh mantan Bupati SBB, Timotius Akerina, namun hingga kini belum juga di realisasikan.

“Kita semua berharap agar kiranya kedepannya ada perusahaan-perusahaan baru yang bisa berjaya seperti Jayanti Group di SBB,” tutup akun Seram Bagian Barat Berbenah dalam postingannya itu.