Jenazah Sarwono Kusumaatmadja Akan Dimakamkan Berdampingan dengan Istrinya

Jenazah Sarwono Kusumaatmadja Tiba di Tanah Air
Jenazah Sarwono Kusumaatmadja Tiba di Tanah Air (Foto : Istimewa)

AntvJenazah Mantan Menteri Era Presiden Soeharto dan Abdurrahman Wahid, Sarwono Kusumaatmadja telah diberangkatkan ke pemakaman San Diego Hills, Karawang, pada Minggu (28/5/2023) pukul 10.05 WIB.

Jenazah diberangkatkan dari gedung Manggala Wanabakti menuju Pemakaman elit San Diego Hills Midday Mansion, Kav. C31, Karawang, Jawa Barat.

Dua bus dan rombongan mobil yang ikut mengantarkan jenazah ke pemakaman.  Termasuk Menteri dan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Alue Dohong turut turut serta bersama rombongan.

Menurut informasi yang beredar, almarhum Sarwono akan dimakamkan berdampingan dengan sang istri, Ini Maramis.  

Sebelum wafat, Sarwono Kusumaatmadja diketahui sempat menjalani perawatan atas kanker paru-paru yang dideritanya.

Sarwono meninggal dunia pada Jumat (26/5/2023) di Penang, Malaysia.

Pria kelahiran 24 Juli 1943 itu pernah mengenyam pendidikan S1 di Institut Teknologi Bandung. Ia meraih gelar sarjana pada 1974 dari jurusan Teknik Sipil.

Semasa hidupnya, ia pernah menjabat sebagai anggota DPR periode 1971-1988.   Lalu, ia juga pernah menjabat tiga kali sebagai menteri sepanjang tahun 1988-2001.

Sebelum meninggal, Sarwono menjabat sebagai ketua Panitia Seleksi Pejabat tinggi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, ketua Dewan Pertimbangan Iklim, dan ketua  tim penerimaan Kalpataru.

Sarwono juga menjadi salah satu pencetus munculnya forum Pojok Iklim, yang secara rutin menampilkan dialog dari berbagai kalangan di Indonesia.

Dialog itu untuk menyaring ide dan pemikiran kritis untuk membantu Indonesia mengendalikan emisi gas rumah kaca untuk mengatasi persoalan perubahan iklim.