MIPI Dorong Penguatan Dialog Ilmu Pemerintahan Sebagai Disiplin Ilmu

MIPI Dorong Penguatan Dialog Ilmu Pemerintahan
MIPI Dorong Penguatan Dialog Ilmu Pemerintahan (Foto : MIPI)

Antv – Ketua Umum Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) Bahtiar mengatakan, seiring dengan berkembangnya program studi Ilmu Pemerintahan di berbagai universitas di Indonesia, pemahaman dan pemikiran tentangnya harus tetap didialogkan. Tujuannya agar disiplin Ilmu Pemerintahan semakin kuat dan kokoh di tengah perkembangan situasi yang ada.

Hal itulah yang ditekankan Bahtiar dalam Seri Webinar Memahami Ilmu Pemerintahan, Sabtu (27/5/2023).

Webinar yang dimoderatori oleh Aprilianita Putri ini menghadirkan narasumber tunggal Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran (Unpad) sekaligus Anggota Dewan Pakar MIPI Mudiyati Rahmatunnisa. 

“Pada akhirnya, tujuan ilmu itu kan adalah kemanfaatan bagi manusia, kemanfaatan bagi alam, kemanfaatan lingkungan, keberlangsungan bagi peradaban dan seterusnya,” kata Bahtiar.

Dia menambahkan, Indonesia yang beragam merupakan lapangan yang besar untuk mengembangkan ilmu pemerintahan dan berbagai bentuk-bentuk praktik pemerintahan yang bisa dikonstruksi menjadi ilmu pengetahuan. Konstruksi tersebut dibangun dengan metodologi dan konsep-konsep pengetahuan yang baru.

“Nah ini yang tidak terlalu berkembang di dunia pendidikan Indonesia. Lebih banyak ilmu-ilmu adopsi saja begitu. Mengkonstruksi ilmu dari praktik-praktik pemerintahan di Indonesia menjadi penting,” ujarnya.

Kemudian narasumber Mudiyati Rahmatunnisa menjelaskan, perkembangan ilmu pemerintahan hingga sekarang ini berjalan secara dinamis dan terus berkembang seiring dengan dinamika kehidupan manusia. Ilmu sebagai pengetahuan yang tersistematisasi digunakan sebagai alat untuk mengatasi berbagai masalah dan memperoleh jawaban yang benar mengenai kehidupan alam dan sosial.