Segera Go Public, VKTR Jadi Pionir Bus Listrik di Indonesia

Segera Go Public, VKTR Jadi Pionir Bus Listrik di Indonesia
Segera Go Public, VKTR Jadi Pionir Bus Listrik di Indonesia (Foto : Istimewa)

Antv – PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. (VKTR) – atau bisa disebutkan sebagai ‘Vektor’ bersiap menggelar Initial Public Offering (IPO) dalam waktu dekat.

Perusahaan yang memiliki fokus dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik segmen heavy mobility ini akan melaksanakan penawaran awal pada tanggal 26-31 Mei 2023 sebelum mencatatkan sahamnya pada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dengan demikian, VKTR akan menjadi perusahaan publik pertama di Indonesia yang berkecimpung dalam industri kendaraan listrik yang dimulai dari segmen kendaraan berat.

VKTR adalah salah satu anak usaha dari PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), perusahaan flag carrier Grup Bakrie.

Komisaris Utama VKTR yang juga merupakan Direktur Utama BNBR, Anindya Novyan Bakrie menegaskan bahwa prospek bisnis pengembangan ekosistem kendaraan listrik ini terbilang besar.

Hal ini didukung oleh adanya perubahan besar-besaran industri kendaraan global yang tengah mengalami transisi menuju energi bersih dan ramah lingkungan.

Sejalan dengan itu, melalui Perpres Nomor 55 Tahun 2019, Indonesia pun berkomitmen melakukan percepatan terbentuknya ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan di Indonesia.

“VKTR akan berfokus dalam mengembangkan bisnis KBLBB di segmen kendaraan komersial seperti bus dan truk. Berdasarkan data, kebutuhan bus di kota Jakarta saja mencapai lebih dari 10.000 unit hingga tahun 2030. Jika menghitung potensi di seluruh Indonesia, maka angka 10.000 unit ini dapat menjadi 20 kali lipat lebih besar,” ujar Anindya dalam Siaran Pers resmi, di Jakarta, Jumat (26/5/2023).