7.510 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Akan Diberangkatkan Tengah Malam Ini

7.510 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Akan Diberangkatkan Menag
7.510 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Akan Diberangkatkan Menag (Foto : Dok. Kemenag)

Antv – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menurut rencana akan melepas keberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama 7.510 jemaah calon haji di Bandara Internasional Soekarn Hatta, tengah malam ini.

Sebanyak 7.510 calon haji yang akan terbang ke Tanah Suci itu berasal dari Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta dan Bekasi, Jawa Barat.

Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama, Akhmad Fauzin mengatakan, jemaah yang akan dilepas dari Embarkasi Asrama Pondok Gede asal Jakarta dan Bekasi, Jawa Barat.

"Insyaallah Pak Menteri nanti di di Bandara Soetta pelepasan jemaah dari kloter pertama," ujarnya, Selasa (23/5/2023).

Menurut Fauzin, ada 7.510 jemaah haji yang akan berangkat pada kloter pertama yang dijadwalkan pada tengah malam nanti, dan esok, Rabu dini hari (24/5/2023).
Keberangkatan 7.510 jemaah calon haji itu mengggunakan dua maskapai yakni, Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

"Sebelum berangkat, jemaah haji terlebih dahulu transit di asrama haji untuk cek kesehatan, pemberian gelang identitas, pemberian paspor, visa dan tiket pesawat, serta pemberian living cost. Untuk tahun ini, jemaah memperoleh living cost 750 Real Arab Saudi," papar Akhmad Fauzin.

Akhmad Fauzin menambahkan, pemberangkatan jemaah calon haji ke Tanah Suci dilakukan dua gelombang.

Pertama yakni, 23 Mei 2023 masuk asrama dan gelombang ke dua 7 Juni 2023 masuk asrama dan berangkat ke Jeddah mulai 8 Juni 2023.

"Jemaah gelombang pertama diberangkatkan secara bertahap ke Madinah Al-Munawwarah untuk menjalani arbain. Kemudian gelombang kedua diberangkatkan ke Jeddah," pungkas Akhmad Fauzin.