Kisah Perempuan Lansia Penjual Tempe Menambung Selama 20 Tahun Demi Bisa Menunaikan Ibadah Haji

Kisah Perempuan Lansia Penjual Tempe Bisa Menunaikan Ibadah Haji
Kisah Perempuan Lansia Penjual Tempe Bisa Menunaikan Ibadah Haji (Foto : antvklik-Agung W)

Antv – Raut sumringah diperlihatkan seorang perempauan lansia (lanjut usia) bernama Suyati (88), karena jerih payahnya menabung selama 20 tahun, membuahkan hasil.

Warga Dusun Semengko, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini, resmi jadi calon haji di musim haji sekarang.

Rencanannya, Suyati yang sehar-hari berjualan tempe ini akan berangkat ke tanah suci pada Selasa, 20 Juni 2023, mendatang.

Suyati Mengaku senang setelah ikhtiar untuk bisa berangkat haji ke tanah suci akhirnya terwujud pada tahun ini.

"Alhamdulillah sangat senang sekali bisa berangkat haji tahun ini di usia  88 tahun,dimana usia ini mendapat panggilan prioritas lansia untuk menunaikan ibadah haji," jelas Suyati saat ditemui di rumahnya, Senin (22/5/2023).

Dalam kesehariannya Suyati yang dikenal dengan sebutan Mbah Suyati ini mengaku, dirinya berjualan tempe di pasar Desa Badong, Banjarejo, Blora.

"Sangat bersyukur sekali bisa berangkat haji tahun ini. Saat ini hanya berdoa agar selalu diberi kesehatan untuk bisa menjalankan ibadah haji ke tanah suci," tuturnya.

Sementara itu, Siti Mutiah, cucu Mbah Suyati mengaku senang karena neneknya bisa berangkat haji tahun ini.

"Awalnya khawatir,tapi senang juga bisa berangkat haji ini, khawatirnya karena nenek sudah tua,tapi tetap Alhamdulillah karena kondisinya sehat," ucapnya.

Pada musim haji tahun ini, jumlah jemaah calon haji di Kabupaten Blora mencapai 612 orang. Sementara kuota jemaah lansia sebanyak 20 orang, sedangkan yang berangkat hanya 9 orang.