Akibat Korsleting Listrik, Sebuah Rumah di Tasikmalaya Terbakar

Akibat Korsleting Listrik, Sebuah Rumah di Tasikmalaya Terbakar
Akibat Korsleting Listrik, Sebuah Rumah di Tasikmalaya Terbakar (Foto : antvklik-Denden Ahdani)

Antv – Diduga disebabkan oleh korsleting listrik, sebuah rumah milik warga bernama Nanang, di Dusun Cicapar, Sukamahi, Sukaratu, Tasikmalaya, Jawa Barat, terbakar, Rabu malam (17/05/2023).

Akibatnya, pemilik rumah merugi sekira Rp50 juta karena bangunan nyaris ambruk akibat terbakar.

Kapolsek Sukaratu, AKP Mahmud Darmana mengatakan, insiden kebakaran tersebut diketahui oleh pemilik rumah dan warga sekitar ketika api sudah membesar.

Meski demikian, tak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut karena saat pertama kali api muncul, penghuni rumah sedang berada di lantai bawah. Sedangkan, bangunan yang pertama terbakar merupakan lantai dua.

"Terkait kejadian kebakaran di Dusun Cicapar, Desa Sukamahi, Kecamatan Sukaratu bermula api diperkirakan dari korsleting listrik, kemudian, api membesar. Setelah api membesar, baru ketahuan oleh penghuni rumah dan para tetangga di sekitarnya. Namun demikian, pada saat kejadian penghuni rumah tidak ada di lokasi karena di lantai dua yang kebakarnya," kata Kapolsek Sukaratu, AKP Mahmud Darmana, Rabu malam (17/05/2023).

Untuk memadamkan api, petugas damkar mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

Personil dari BPBD Tasikmalaya juga diterjunkan untuk memadamkan api yang berlangsung hingga kurang lebih satu jam sampai api berhasil dijinakan.

"(Mobil Damkar) yang dikerahkan dari Kota satu, dari Kabupaten satu dan dari BPBD satu," ucap Mahmud.

Mahmud menambahkan, api diduga berasal percikan listrik yang menimpa kayu bangunan yang sudah lapuk sehingga api dengan cepat membesar.

"Itu kan bangunannya agak tua lah ya, ada banyak kayu yang sudah lapuk karena kering dan tersambar oleh korsleting listrik. Rumah yang di sampingnya gak terbakar karena sudah padam. Memang di permukiman, tapi gak merambat," pungkas Mahmud.