Nyemplung ke Rawa Bareng Prabowo dan Panglima TNI, Presiden Jokowi Tanam Mangrove di Jakarta Utara

Puncak penanaman mangrove serentak jajaran TNI se-Indonesia
Puncak penanaman mangrove serentak jajaran TNI se-Indonesia (Foto : Yodya Wiwaha/ANTV)

Antv – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman mangrove dalam rangka Puncak Penanaman Mangrove Nasional oleh TNI se-Indonesia  di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk - Jakarta Utara, pada Senin (15/05/2023).

Presiden Jokowo bersama sama dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksaman Yudo Margono, beserta Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, beserta Kepala Staf Angkatan turun langsung ke air untuk  lmelakukan penanaman mangrove.

Usai penanaman mangrove, Presiden Jokowi sempat menyapa prajurit TNI hingga kelompok masyarakat yang turut berendam menamam mangrove.

Presiden menyampaikan pesan penting kepada seluruh masyarakat untuk menjaga mangrove di seluruh Indonesia. Presiden juga meminta tak ada hutan mangrove yang rusak.

“Kita tahu kita memiliki mangrove terluas di dunia; 3,3 juta hektare hutan mangrove kita terbesar di dunia. Itu yang harus kita rawat, kita pelihara kalau di tempat yang kritis kita tanami kembali sehingga jangan sampai ada hutan mangrove kita yang rusak," ucap Presiden dalam keterangan pers usai penanaman mangrove.

Presiden mengatakan mangrove akan mengembalikan habitat sejumlah hewan. Menurut Presiden, mangrove menjadi jurus jitu untuk mengantisipasi perubahan iklim.

"Saya kira proses menanam kembali hutan mangrove ini tidak hanya di sini saja, tetapi di seluruh tanah air harus terus, terus, terus dilakukan, dan ini dalam rangka juga melindungi pesisir kita dari kemungkinan nanti adanya perubahan iklim sehingga air dari permukaan laut naik atau ada gelombang besar juga bisa menahan. ini memang proteksi alam yang memang kita perlukan," tutur Presiden.

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi juga menyapa jajaran TNI di seluruh Indonesia melalui video conference. Presiden Jokowi pun menyampaikan terima kasih kepada jajaran yang terlibat dalam rehabilitasi mangrove.

Sebagai informasi, jajaran TNI di seluruh Indonesia tahun 2023 sudah melakukan penanaman mangrove secara nasional di 370 titik penanaman dengan 1.100.169 jumlah bibit. Penanaman tersebut juga merupakan salah satu pemecahan Rekor MURI Nasional.