Panglima TNI: Pengamanan KTT di Labuan Bajo Aman dan Tak Ada Hambatan

Panglima TNI: Pengamanan KTT Aman dan Tak Ada Hambatan
Panglima TNI: Pengamanan KTT Aman dan Tak Ada Hambatan (Foto : Puspen TNI)

AntvPanglima TNI Laksamana Yudo Margono, S.E, M.M, mengungkap kondisi keamanan terkini pada kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT.

Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, sejauh ini pihaknya tidak menemukan adanya hambatan dalam proses pengamanan.

"Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada hambatan, dan karena kemarin sudah kita sampaikan juga kepada seluruh jajaran kita evaluasi, mulai dari awal sampai tadi pagi kita monitor semuanya, mudah-mudahan bisa sampai akhir kita laksanakan pengamanan dengan baik," ujar Laksamana TNI Yudo Margono, saat menggelar jumpa pers di Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/5/2023).

Laksamana TNI Yudo Margono memastikan, pengamanan KTT ASEAN sudah sesuai arahan Presiden Jokowi.

Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan, pengamanan yang diinginkan kepala negara adalah tidak mengganggu aktivitas masyarakat yang melintas.

"Kemarin sudah kita evaluasi, seperti kata beliau (Jokowi) bahwa kita tetap jangan mengganggu masyarakat saat melintas. Saat melintas saja silakan disetop, tapi begitu lewat sudah aman dan cairkan kembali," kata Laksamana TNI Yudo Margono.

Laksamana TNI Yudo Margono menambahkan, prajurit yang melakukan proses pengamanan di jalan juga mesti humanis.

Menurut mantan Kasau itu, masyarakat mendukung keamanan penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42.

"Termasuk para prajurit di jalan juga humanis, masyarakat di jalan juga semuanya mendukung. Tadi saat kepala negara melintas juga masyarakat sangat antusias. Mudah-mudahan ini ranah yang baik bahwa kegiatan ini tidak mengganggu aktivitas masyarakat," tandasnya.