Presiden Jokowi Sebut ASEAN Harus Siap Hadapi Tantangan Kompleks

Presiden Jokowi Sebut ASEAN Harus Siap Hadapi Tantangan Kompleks
Presiden Jokowi Sebut ASEAN Harus Siap Hadapi Tantangan Kompleks (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Asosiation of South East Asian Nations (ASEAN) harus siap menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

Oleh karenanya, Kepala Negara memberikan apresiasi atas kerja keras High-Level Task Force on ACV dalam satu tahun ini.

Menurut Presiden Jokowi, peran High-Level Task Force on ACV  sangat krusial untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang jauh ke depan.

Tatangan dan peluang itu juga sekaligus memastikan kontribusi ASEAN bagi kemajuan kawasan dan dunia.

“Visi ASEAN 2045 harus lebih adaptif dan forward looking. Tidak boleh business as usual,” kata Presiden Jokowi dikutip YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (10/5/2023).

Karenanya, Presiden Jokowi berpesan agar pemimpin ASEAN ke depannya dapat mengkolaborasi pemikiran yang tidak biasa dalam masalah ini.

“Di diskusi kita hari ini akan mengelaborasi pemikiran yang out of the box, dan transformative. Oleh karenanya para pemimpin ASEAN akan mendengar langsung laporan high level task force dan rencana arachnid ke depan,” ujar Presiden Jokowi.

Sebagai informasi, ASEAN merupakan sebuah organisasi kawasan atau regional yang beranggotakan negara-negara yang ada di wilayah Asia Tenggara.

Para anggota ASEAN membuat kesepakatan bersama akan suatu bentuk kerjasama tertentu.

Struktur organisasi ASEAN mengalami perubahan setelah penandatanganan Piagam ASEAN tahun 2007.

Pada Deklarasi Bangkok, struktur organisasi ASEAN terdiri dari: Konferensi Tingkat Tinggi (KTT), Pertemuan Para Menteri Luar Negeri ASEAN (ASEAN Ministerial Meeting).

Juga Pertemuan Kementerian Sektoral (Sectoral Bodies Ministerial Meeting) dan Sidang Komite Tetap ASEAN (ASEAN Standing Committee – ASE).