Viral Uang Puluhan Juta Lengket dan Rusak Dimakan Rayap, Begini Endingnya

Viral Uang Puluhan Juta Lengket dan Rusak Dimakan Rayap
Viral Uang Puluhan Juta Lengket dan Rusak Dimakan Rayap (Foto : antvklik-Edi Topan)

Antv – Video viral yang memperlihatkan uang sebanyak puluhan juta rupiah yang kondisinya rusak dan lengket setelah dimakan oleh rayap saat disimpan oleh pemiliknya.

Setelah ditelusuri, uang tersebut ternyata milik Rustini (53), seorang pedagang warung nasi megono asal Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.
Rustini mengaku bahwa uang yang disimpannya sejak tahun 2019, berhasil terkumpul sebanyak Rp40 juta.

"Total uangnya ada sekitar Rp40 juta, saya simpan di plastik dan kemudian saya taruh di dalam toples. Kemudian saya taruh di kolong tempat tidur. Uang tersebut yang merupakan hasil tabungan dari usaha warung nasi bungkus di Jakarta sejak tahun 2019" kata Rustini, Selasa (9/5/2023).

Dirinya mengaku pada saat mudik Lebaran pada tahun itu, seingatnya dia menyimpan uangnya di rumah yang berada di Pekalongan.

Sementara itu, salah satu anaknya, Anizah (28) mengatakan bahwa saat mudik lebaran lalu, dirinya dan ibunya mengecek uang tabungannya.

Ternyata emang kondisi uang udah lengket, basah, rusak dan bahkan sudah ada yang hancur.

"Uang puluhan juta itu disimpan oleh ibu saya sejak tahun 2019. Dan uangnya disimpan di dalam plastik, dimasukkan ke dalam toples, lalu diletakkan di bawah kolong tempat tidur. Sejak saat itu uang ditinggal begitu saja. Kemudian kemarin itu di cek uang nya dan uang dalam kondisi lengket, rusak di makan rayap," kata Anizah.

Kemudian keluarganya berinisiatif membawa uang yang rusak tersebut ke salah satu bank. Dan ternyata dari total Rp40 juta, hanya ada Rp23,5 juta yang masih layak dan diterima oleh bank.

Akhirnya uang Rp 23,5 juta bisa diganti oleh bank dan Rustini pun langsung membuat rekening.

Sedangkan sisa uang yang tidak diterima bank tersebut Rp16,5 juta disarankan untuk ditukar ke Bank Indonesia (BI).

Sementara itu, Ahli Rupiah BI Tegal Ahmad Afandi dari Kantor Perwakilan BI Tegal bersama Tim yang mendatangi rumah Rustini untuk mengecek kondisi uang rusak tersebut. Tim melakukan identifikasi kelayakan uang rusak dengan alat khusus.

"Uang yang rusak milik ibu Rustini sebanyak Rp 16,5 juta, setelah dilakukan pemeriksaan ternyata hanya Rp600 ribu yang benar-benar rusak dan gak bisa di gunakan lagi," kata Ahmad Affandi.

Sedangkan sisanya, sebesar Rp 15,9 juta diperkirakan memenuhi syarat untuk diganti uang baru.

"Iya memang, kami sudah cek dan itu diperkirakan memenuhi syarat untuk diganti uang baru yang layak edar. Kami sudah minta pihak keluarga Bu Rustini untuk membawa uang tersebut ke kantor kami, Kantor Perwakilan BI Tegal pada Kamis (11/5/2023) untuk kami ganti yang baru. Sementara  uang yang rusak akan kami musnahkan," tandasnya.