TNI AU Pastikan Pengamanan Wilayah Udara Selama KTT ASEAN Labuan Bajo

TNI AU Pastikan Pengamanan Wilayah Udara Selama KTT ASEAN
TNI AU Pastikan Pengamanan Wilayah Udara Selama KTT ASEAN (Foto : Dispen TNI AU)

Antv – Mabes TNI AU memastikan bahwa keamanan wilayah udara di wilayah pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur berjalan dengan aman dan damai.

“Kondisi di wilayah udara kita saat ini dipastikan aman,” kata Panglima Koops Udara Nasional Marsekal Madya TNI M. Tonny Harjono di Kupang, Selasa (9/5/2023).

Hal ini disampaikan saat meninjau langsung kedatangan tiga unit pesawat tempur RI jenis F-16 di Hanggar Lanud El Tari Kupang dalam pengamanan KTT ASEAN.

Komandan berbintang tiga itu memastikan hal tersebut karena saat ini pesawat Boeing milik TNI Angkatan Udara siaga dalam melaksanakan pengamatan dan pengintaian dari atas Labuan Bajo.

“Situasi udara aman dan terkendali hingga saat ini karena tim kita melakukan pengamatan melalui udara menggunakan pesawat Boeing milik AU,” tambah dia.

Selain pengamanan di udara, TNI AU juga ujar dia, menempatkan sejumlah peralatan elektronik di sekitar venue-venue yang menjadi lokasi pelaksanaan KTT ASEAN.

Mulai dari anti teror, anti drone, kontrol mobile yang bisa memantau semua pergerakan pesawat udara di lokasi pelaksanaan KTT tersebut.

Marsekal Madya TNI M. Tonny Harjono juga memastikan bahwa personel yang ada akan bekerja selama 24 jam dalam mengamankan jalannya pelaksanaan KTT ASEAN yang digelar selama tiga hari tersebut.

Lebih lanjut kata Marsekal Madya TNI M. Tonny Harjono, Mabes TNI AU menerjunkan kurang lebih 1.247 personel termasuk di dalamnya ada 389 orang Paskhas Udara yang bertugas untuk mengamankan alusista.

Selain itu, mereka juga bertugas mengamankan venue yang ada di Labuan Bajo. Untuk Lanud yang terlibat yaitu Lanud El Tari Kupang, Lanud Ngurah Rai Bali, dan Lombok.