TNI AU Siagakan Satu Flight F-16, Amankan KTT ASEAN Labuhan Bajo

TNI AU Siagakan Satu Flight F-16, Amankan KTT ASEAN Labuhan Bajo
TNI AU Siagakan Satu Flight F-16, Amankan KTT ASEAN Labuhan Bajo (Foto : Dispen TNI AU)

Antv – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 tahun 2023, segera di gelar di Labuhan Bajo, NTT, Indonesia, pada 9 - 11 Mei 2023. Sebanyak 8 pemimpin negara, dan satu Perdana Menteri (PM) serta Sekjen ASEAN dijadwalkan hadir.

Untuk menjaga agar pertemuan para pemimpin negara-negara ASEAN berjalan  dengan aman, TNI AU menyiapkan operasi pengamanan VVIP/VIP di wilayah udara sekitar Labuhan Bajo, NTT.

Kepala Dinas Peneranga TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos menyebutkan, sesuai perintah Panglima TNI, TNI AU menyiapkan satu flight pesawat tempur F-16 figthing falcon Skadron Udara (Skadud) 14 Lanud Iswahjudi, Magetan.

"Skadron Udara 14 ditugaskan sebagai unsur sergap di Bawah Kendali Operasi (BKO) Mabes TNI yang tergabung dalam Satgasud,   dipimpin oleh Pangkoopsud II," ujar Kadispenau.

Kadispenau menambahkan,  unsur sergap F-16, terbagi dalam dua homebase, yaitu Lanud El Tari Kupang oleh Skadud 14, dan Lanud Iswahjudi Magetan oleh Skadud  3.

Flight pesawat F-16 Skadud 14 dipimpin Komandan Skadud 14 Mayor Pnb Anwar Sovie, bertugas melaksanakan Combat Air Patrol (CAP) di  area Tambolaka. Unsur Sergap, juga akan bekerja sama dengan Satrad 226 Buraen, Kupang yang akan mencover area selatan dan timur.

Selain melaksanakan CAP, unsur sergap Skadud 14 juga akan melaksanakan Quick Reaction Alert (QEA),  yaitu kesiapsiagaan skadron tempur untuk dapat airborne secepat mungkin apabila ada perintah melaksanakan scramble di area Lanud Eltari Kupang.